Petugas TPS Kelelahan sampai Muntah-Muntah, Penghitungan Suara di TPS 18 Purwokerto Barat Tak Tuntas

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyumas menerima laporan tersebut pada, Kamis (18/4/2019)

Petugas TPS Kelelahan sampai Muntah-Muntah, Penghitungan Suara di TPS 18 Purwokerto Barat Tak Tuntas
Tribunjateng.com/Permata Putra Sejati
Petugas Bawaslu Banyumas mengecek proses penghitungan surat suara di TPS 18 Kelurahan Rejasari, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, pada Kamis (18/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Diduga panitia kelelahan dalam proses penghitungan surat suara di TPS 18 Kelurahan Rejasari, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, tidak tuntas.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyumas menerima laporan tersebut pada, Kamis (18/4/2019).

"Kami menerima laporan jika petugas Kelompok Pemungutan dan Penghitungan Suara (KPPS) tidak mengisi salinan formulir C1.

Seharusnya formulir C1 itu diserahkan kepada para saksi dan pengawas TPS," ujar Yon Daryono selaku Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Banyumas kepada Tribunjateng, Kamis (18/4/2019).

"Namun, justru saksi dan pengawas TPS tidak menerima salinan C1, padahal itu wajib. Hari ini kita akan selesaikan bersama-sama untuk memenuhi kewajiban tersebut, yakni memberikan salinan formulir C1," tambahnya.

Bawaslu Kabupaten Banyumas mendapati jika TPS 18 menyelesaikan proses penghitungan begitu cepat. Lebih cepat dibanding dengan TPS-TPS yang lain. Bahkan kotak suara sudah dikirim kepada ketua KPPS ke PPS pukul 22.30

Namun ternyata ada pekerjaan administrasi yang belum diselesaikan.

Pihak Bawaslu Banyumas memberi rekomendasi supaya segera menyelesaikan penghitungan suara sesuai tahapan sampai siang sebelum pukul 12.00 WIB.

Sebab mekanisme regulasi mengatur penghitungan suara paling lambat sampai pukul 13.00 WIB.

Selain itu pihak Bawaslu Banyumas juga menemukan selisih total perolehan suara antara kedua paslon di TPS yang memiliki DPT sebanyak 278 orang.

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved