Seusai Pemilu 2019, Kapolres Salatiga Larang Warga Pawai

Proses pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2019 telah selesai pada siang hari ini sesuai ketentuan terbaru Mahkamah Konstitusi (MK).

Seusai Pemilu 2019, Kapolres Salatiga Larang Warga Pawai
ISTIMEWA
Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Proses pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2019 telah selesai pada siang hari ini sesuai ketentuan terbaru Mahkamah Konstitusi (MK).

Selanjutnya, tahapan pemilu memasuki ke proses penghitungan suara pada tingkat Panitia Pemilu Kecamatan (PPK), dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupatan/Kota di Jateng.

Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono mengatakan untuk menjaga kerukunan dan kondusivitas keamanan wilayah pasca pemungutan suara pemilu 2019, seluruh elemen masyarakat supaya tidak menggelar pawai.

“Setelah pelaksanaan pemilu masyarakat harus tetap hidup berdampingan karena pesta demokrasi itu untuk memilih pemimpin bukan memecah belah persatuan.

Agar bagi semua tidak melakukan pawai kemenangan dengan cara mobilisasi massa yang berpotensi ditunggangi pihak tak bertanggungjawab,” terangnya kepada Tribunjateng.com, saat dihubungi Kamis (18/4/2019)

Menurut AKBP Gatot, himbauan tersebut berlaku terhadap pihak manapun baik mobilisasi merayakan kemenangan maupun tentang ketidakpuasan. Ia mengajak warga bersama-sama menjaga kondusivitas Kota Salatiga dalam bingkai kebhinekaan.

Dikatakannya, secara umum pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 di Kota Hati Beriman berlangsung lancar, aman dan kondusif. Pelaksanaan pengamanan juga tidak menemui kendala.

Meski demikian, Polres Salatiga tetap melakukan langkah preemtif dan preventif guna mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Pasca pemungutan suara, kami tetap melakukan patroli skala besar bersama jajaran Kodim, Denpom, Satpol PP dan Dishub Kota Salatiga. Ini untuk menjaga kondusivitas keamanan wilayah pasca pemungutan suara hingga penetapan hasil Pemilu 2019," katanya

Ia menambahkan, selanjutnya kepolisian berfokus mengamankan tahapan pemilu 2019 hingga penetapan KPU pada masing-masing pemilihan dan pelantikan presiden terpilih pada 20 Oktober mendatang.

Berdasarkan jadwal tahapan pemilu 2019 yang ditetapkan KPU, proses rekapitulasi penghitungan suara akan berlangsung pada 18 April 2019-22 Mei 2019. Setelah itu, pada 23 Mei 2019-15 Juni 2019, tahapan masuk pada penyelesaian sengketa hasil Pilpres dan Pileg 2019. (ris)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved