Rekap Suara Hasil Pemilu Tingkat Kecamatan Dimulai Hari Ini, PPK Awali Jumlah TPS Tersedikit Dahulu

Hari pertama rekapilutasi suara Pemilu 2019, Panitia Pemilihan Tingkat Kecamatan (PPK) di Kabupaten Kendal membentuk tiga panel rekapitulasi suara.

Rekap Suara Hasil Pemilu Tingkat Kecamatan Dimulai Hari Ini, PPK Awali Jumlah TPS Tersedikit Dahulu
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Petugas PPK Kendal Kota menghitung dan mencatat rekapitulasi suara hasil Pemilu 2019, Jumat (19/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Hari pertama rekapilutasi suara Pemilu 2019, Panitia Pemilihan Tingkat Kecamatan (PPK) di Kabupaten Kendal membentuk tiga panel rekapitulasi suara.

Pembentukan itu menyesuaikan jumlah anggota panwaslu di tiap kecamatan agar dapat memberikan pengawasan di tiap panel rekapitulasi suara.

Seperti yang dilaksanakan pada rekapitulasi suara oleh PPK Kendal Kota.

Tiap panel rekapitulasi suara itu diisi oleh petugas hitung dan pencatat.

Selain itu anggota Panwascam turut serta mengawasi proses rekapitualsi suara di tiap panelnya.

Ketua PPK Kendal Kota, Munawir mengatakan, rekapitulasi suara ini dimulai melalui rekapitulasi suara pemilihan Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan terakhir adalah DPRD Kabupaten.

"Target kami proses rekap ini selesai lima hari. Hari ini kami mulai pada TPS di enam kelurahan," ujarnya, Jumat (19/4/2019).

Munawir mengatakan, jumlah kelurahan di Kabupaten Kendal ada 20 kelurahan.

Namun jumlah TPS tiap kecamatan berbeda-beda.

"Kami mulai rekap dari kelurahan yang memiliki jumlah TPS sedikit. Kemudian dilanjutkan kelurahan TPS yang banyak," ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Kendal, Rokhimudin mengatakan, saat ini PPK di Kabupaten Kendal telah mulai melakukan rekapitulasi suara.

"Namun ada beberapa kecamatan yang belum melakukan rekap seperti Boja dan Rowosari karena lokasi TPS yang cukup jauh," tuturnya.

Menurutnya, hasil rekapitulasi suara yang dilakukan itu akan dilakukan kegiatan serupa di KPU Kabupaten Kendal sebelum diserahkan ke KPU Provinsi Jawa Tengah.

"Rekapitulasi di tingkat PPK membutuhkan waktu antara 4 hingga 8 hari ke depan. Menyesuaikan jumlah TPS di tiap kecamatan," tuturnya. (Dhian Adi Putranto)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved