Sudahkah Gamifikasi Membudaya?

Gamifikasi adalah suatu upaya untuk memanfaatkan potensi game dan menerapkannya pada masalah dunia nyata.

Sudahkah Gamifikasi Membudaya?
gettyimages
Ilustrasi mobile gaming 

Oleh: Paulus Edward Lewa Usu, Dosen Universitas Nasional Karangturi Semarang

BAGI Anda yang concerned tentang pendidikan anak dewasa ini, Anda pasti tahu bahwa kehadiran smartphone dalam kehidupan sehari-hari bisa sangat mengkhawatirkan.

Kemampuan yang semakin canggih membuat setiap orang mendambakan produk terbaru dari setiap seri smartphone yang keluar di pasaran.

Paulus Edward Lewa Usu
Dosen Universitas Nasional Karangturi Semarang
Paulus Edward Lewa Usu Dosen Universitas Nasional Karangturi Semarang (IST)

Sulit bagi para pemiliknya untuk melepaskan diri dari jeratan fitur-fitur yang menarik yang ditawarkan di dalam smartphone, terutama fitur games.

Tidak jarang kita mendengar banyak hal yang negatif mengenai games yang ada di smartphone, salah satunya adalah gaming disorder.

World Health Organization (WHO) di akhir tahun 2017, mengumumkan bahwa gaming disorder akan diidentifikasi sebagai suatu disorder baru dalam revisi ke 11 International Classification of Diseases (ICD).

Hal negatif ini membuat banyak orang tua dan pemerhati pendidikan khawatir, terlebih lagi, dengan adanya kabar yang menggemparkan dari New Zealand.

Sebanyak 49 orang meninggal akibat penembakan massal di Christchurch, pada hari Jumat 15 Maret 2019, dan sempat menyeret game online populer PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds) sebagai salah satu faktor yang menginspirasi pelaku penembakan massal walau kemudian terbantahkan.

Tentunya Anda sebagai pemerhati pendidikan tidak perlu terlalu khawatir karena setiap fenomena memiliki sisi positif dan negatif, sebagaimana yang dikatakan orang bijak, a sword has two edges.

Di era Education 3.0 ini, ada suatu kesadaran kolektif untuk merangkul teknologi dalam pendidikan.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved