12.587 Pelajar se-Kabupaten Karanganyar Mengikuti UNBK Tingkat SMP/MTs

Sebanyak 12.587 pelajar tingkat SMP/MTs dari 102 sekolah se-Kabupaten Karanganyar, mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada hari pertama

12.587 Pelajar se-Kabupaten Karanganyar Mengikuti UNBK Tingkat SMP/MTs
Tribun Jateng Agus Iswadi
Sejumlah pelajar SMP N 4 Jatiyoso saat mengikuti UNBK pada hari pertama, Senin (22/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR--Sebanyak 12.587 pelajar tingkat SMP/MTs dari 102 sekolah se-Kabupaten Karanganyar, mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada hari pertama, Senin (22/4/2019).

Adapun UNBK tingkat SMP/MTs akan berlangsung mulai Senin (22/4/2019) hingga Kamis (25/4/2019). Dari total 102 sekolah se-Kabupaten Karanganyar itu terbagi menjadi 56 sekolah negeri dan 46 sekolah swasta.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Agus Haryanto mengatakan, dari data Dsikdikbud Karanganyar, ada total 102 sekolahan. Sebanyak 69 sekolah menyelenggarakan UNBK secara mandiri, sedangkan 33 sekolah menumpang ke SMA/SMK terdekat.

"UNBK tahun ini, kami sudah mempersiapkan sejak tahun lalu. Kami sudah melakukan beberapa kali uji coba berkoordinasi dengan Bidang Pendidikan Dasar maupun Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS)," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Senin (22/4/2019).

Ia menambahkan, Disdikbud Karanganyar juga menyelenggarakan doa bersama, baik di sekolah maupun tingkat kabupaten. Selain itu, Disdikbud Karanganyar juga sudah melayangkan surat kepada PLN guna kelancaran penyelenggaraan UNBK selama empat hari.

"Jadwal UNBK pada Senin yakni Bahasa Indonesia, Selasa Mapel Matematika, Rabu Mapel Bahasa Inggris, dan Kamis Mapel IPA," jelasnya.

Ia berharap semoga tidak terjadi pemadaman listrik saat penyelenggaraan UNBK. "Kami sudah mengingatkan sekolah penyelenggara UNBK agar menyiapkan genset guna mengantisipasi kemungkinan buruk," paparnya

Sementara itu dari pantauan Tribunjateng.com di SMP N 4 Jatiyoso Karanganyar. Kepala Sekolah SMP N 4 Jatiyoso, Nardi mengatakan, pelaksanaan UNBK hari pertama berjalan lancar.

"Alhamdulillah hari pertama berjalan lancar, semua siswa masuk. Jumlah pelajar yang mengikuti UNBK sejumlah 77 peserta. Dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama 26 peserta, sesi kedua 26 peserta dan sesi ketiga 25 peserta," katanya saat ditemui di sekolah, Senin (22/4/2019).

Ia mengungkapkan, sudah 2 kali SMP N 4 Jatiyoso melaksanakn UNBK secara mandiri. "Meski daerah terpencil, alhamdulillah sudah bisa mandiri," terangnya.

Selain itu, terkait antisipasi pemadaman listrik saat berlangsungnya UNBK, pihaknya juga menyediakan 1 genset dengan daya 450 watt.

Sementara itu, terkait kesiapan siswa dalam menghadapi UNBK, pihak sekolahan mengadakan karatina kepada para siswa peserta ujian. "Saat peserta sesi pertama memasuki ruang ujian, peserta sesi kedua juga masuk ke kelas. Itu untuk pengarahan dan memastikan siswa hadir semua apa belum. Itu akan berlangsung selama UNBK," ujarnya.

Peserta ujian, Lusiana Indriyani (14) menuturkan, dalam menghadapi ujian, selain belajar ia juga meminta doa restu kepada orang tua dan guru. "Sabtu lalu sekolah sudah mengadakan doa bersama, juga ada training motivasi," katanya.

Seusai mengikuti ujian bahasa indonesia pada sesi pertama, ia mengaku tidak ada kendala saat mengerjakan soal. "Jaringan lancar, soal ujiannya susah-susah gampang," tandasnya. (*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved