61 SMP di Brebes Masih Gelar UN Pakai Kertas dan Pensil

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Brebes belum diikuti sebagian SMP.

61 SMP di Brebes Masih Gelar UN Pakai Kertas dan Pensil
TRIBUN JATENG/MAHFIRA PUTRI MAULANI
Ilustrasi UNBK 

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Brebes belum diikuti sebagian SMP. Tercatat masih ada 61 SMP dari total 150 SMP negeri dan swasta di Brebes, yang menggelar UN menggunakan kertas dan pensil (UNKP).

Sekretaris Ujian Nasional Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes, Aditya Perdana mengatakan, ujian nasional tingkat SMP dan MTs di Brebes diikuti oleh 27.242 orang yang tersebar di 150 SMP dan 98 MTs.

"Dari jumlah itu, sekolah yang menyelenggarakan UNBK ada sebanyak 89 SMP dengan jumlah siswa 11.021 orang. Sementara sisanya yaitu 61 SMP dengan jumlah 7.005 siswa masih UNKP," kata Aditya, Senin (22/4/2019).

Sedangkan peserta UN dari MTs, katanya, ada sebanyak 98 sekolah dengan jumlah peserta 9.216 orang yang sudah melaksanakan ujian pakai komputer. Dengan kata lain, seluruh MTs di Brebes baik negeri maupun swasta sudah menjalankan UNBK.

"Untuk MTs semuanya sudah UNBK tapi SMP masih ada yang belum. Saya tergetkan tahun depan sudah pakai komputer semua," ujarnya.

Menurutnya, sekolah yang masih menyelenggarakan UNKP dikarenakan minimnya sarana dan prasarana komputer. Hal itu karena syarat sekolah bisa menggelar UNBK harus mempunyai komputer sepertiga jumlah siswa peserta UN.

Aditya menjelaskan, secara keseluruhan pelaksanaan UN SMP/ MTs dan SD/ MI di Brebes diikuti 59.215 siswa. Jumlah siswa tersebut ada yang mengerjakan soal UN menggunakan sistem UNBK dan ada yang UNKP.

Jumlah peserta ujian tingkat SD dan MI sebanyak 31.473 siswa. Mereka tersebar di 888 SD dan 211 MI yang ada di Brebes. Mereka mengerjakan ujian dengan berbasis kertas dan pensil atau UNKP.

Sedangkan untuk UN tingkat SMP/ MTs, diikuti oleh 27.242 siswa yang tersebar di 150 SMP dan 98 MTs. Jumlah SMP yang menyelenggarakan UNBK ada 89 sekolah dengan jumlah siswa 11.021 orang.

"Prosentase UNBK pada ujian tahun ini mencapai 59 persen. Sedangkan untuk tingkat SD/MI semuanya masih menggunakan kertas dan pensil," imbuhnya. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved