Heri Sebut Jumlah Wirausaha Indonesia Cuma 1,4 Juta Orang

Direktorat Pembinaan dan Kursus Pelatihan Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI melakukan panen raya padi organik.

Heri Sebut Jumlah Wirausaha Indonesia Cuma 1,4 Juta Orang
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Sejumlah petani menunjukkan padi organik bantuan Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI dalam panen raya di Lahan Sawah Kelurahan Kalibening, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Senin (22/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Direktorat Pembinaan dan Kursus Pelatihan Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI melakukan panen raya padi organik.

Panen raya ini dilakukan di lahan yang dikerjasamakan dengan Serikat Paguyuban Petani Qariyah Thoyyibah Kalibening, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Senin (22/4/2019).

Kabid Pengembangan Sumberdaya Pendidikan Pelatihan PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI Heri Martono mengatakan panen raya padi organik yang dilakukan hari ini merupakan lanjutan dari program kewirausahaan bertujuan membentuk masyarakat menjadi wirausahawan baru bukan pekerja.

“Jadi wirausahawan baru sekarang di Indonesia hanya 1,4 juta orang.

Padahal indikator negara maju diatas 3 juta wirausaha.

Harapannya, dengan stimulus yang ada dari pemerintah ini bagaimana warga menggunakan potensi lokalnya berlomba menciptakan lapangan kerja didaerah masing-masing,” terangnya kepada Tribunjateng.com, dalam acara panen raya padi organik di Kalibening, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Senin (22/4/2019).

Menurut Martono, program kewirausahaan dari Kemendikbud tidak hanya menyasar sektor pertanian melainkan juga pengusaha jual beli online dan sebagainya.

Intinya kata dia, apapun yang berpotensi menciptakan lapangan kerja baru sedang berkembang dan dikelola dengan baik dapat diajukan mendapatkan bantuan.

“Bagaimana melatihnya, menggunakan beberapa bahan lokal dan sebagainya.

Bantuan dari pemerintah berupa dana dan pendampingan dari tenaga ahli,” katanya

Halaman
12
Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved