Breaking News:

Latih 30 UMKM, STIE Cendekiaku Dorong UKM Go Digital

STIE Cendekia Karya Utama (Cendekiaku) Semarang menggelar pelatihan bagi 30 UMKM di Jalan Tegalsari Timur I, Kota Semarang, Senin (22/4/2019).

TRIBUN JATENG/RAKA F PUJANGGA
Muslim Business Coaching (MBC) Indonesia, Fitrah Jaya Saleh‎, memberikan materi mengenai untuk meningkatkan omzet, di Jalan Tegalsari Timur I, Kota Semarang, Senin (22/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - STIE Cendekia Karya Utama (Cendekiaku) Semarang menggelar pelatihan bagi 30 UMKM di Jalan Tegalsari Timur I, Kota Semarang, Senin (22/4/2019).

Ketua STIE‎ Cendekiaku, Dirgo Wahyono mengatakan, era revolusi industri 4.0 saat ini tengah terjadi mendorong jumlah pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang semakin besar.

Bahkan untuk menjadi pengusaha peluangnya makin terbuka lebar dan bisa dilihat dari keberhasilannya.

"Untuk menjadi perusahaan hotel terbesar tidak perlu bangun hotel karena cukup menyediakan aplikasi. Begitu juga perusahaan ojek terbesar, tidak perlu menyediakan sepeda motornya karena semua berbasis aplikasi," ujar dia.

Totalitas Wisnu Wijaya Adi Putra Majukan UMKM di Jateng

‎Dirgo menilai, iklim industri saat ini sangat mendukung untuk pertumbuhan pelaku usaha untuk memperluas pasar melalui internet.

Berdasarkan data, 51 persen penduduk di Indonesia sudah melek terhadap internet sehingga bisa menjadi target pasar yang baik.

"Makanya sekarang UKM harus mulai dengan go digital untuk ‎bisa mendukungnya dalam menuju omzet yang besar," ujar dia.

Pemerintah juga mendukung kemajuan UKM dengan memberikan kemudahan dalam permodalan.

Bunga kredit usaha rakyat (KUR) yang semula mencapai 22 persen, kini hanya sebesar 7 persen. Kemudian pajak UKM yang sebelumnya 1 persen, kini hanya 0,5 persen sehingga membuat pelaku usaha semakin mudah.

‎"Kami sebagai perguruan tinggi juga punya peranan untuk ikut memberikan pelatihan bagi UKM," jelas dia.

Bupati Asip Sebut Dunia UMKM di Pekalongan Semakin Berkembang

Halaman
12
Penulis: raka f pujangga
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved