Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2019 Tingkat PPK, Bawaslu Karanganyar Terjunkan Pengawas

Pleno rekapitulasi hasil Pemilu 2019 di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karanganyar

Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2019 Tingkat PPK, Bawaslu Karanganyar Terjunkan Pengawas
ISTIMEWA
Pleno rekapitulasi hasil Pemilu 2019 di Balai Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Karanganyar, Senin (22/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pleno rekapitulasi hasil Pemilu 2019 di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karanganyar terjunkan Pantia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Kelurahan (Panwaskel) guna mengawasi jalannya perhitungan suara.

Sebelumnya, PPK diberikan waktu untuk melakukan pleno rekapitulasi hasil Pemilu 2019 pada 18 April hingga 4 Mei 2019.

Itu dilakukan Bawaslu Karanganyar supaya tidak terjadi penggelembungan maupun penyusutan perolehan suara saat pleno rekapitulasi hasil Pemilu.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Karanganyar, Tri Handoko Budi Nugroho menuturkan, sebanyak 66 pengawas baik tingkat kecamatan maupun kelurahan dikerahkan guna mengawasi proses jalannya rekapitulasi di tingkat PPK.

“Tiap pleno rekapitulasi hasil Pemilu, biasanya berbasis kelurahan. Maka jadwal kelurahan yang diplenokan akan disesuaikan Panwaskel yang didampingi Panwascam saat berjaga," katanya kepada Tribunjateng.com dalam rilisnya.

Selanjutnya saat mengkuti pleno rekapitulasi hasil Pemilu tingkat kecamatan, tiap pengawas membawa salinan C1, foto C1 plano dan kelengkapan rekap penghitungan di tingkat TPS yang dilakukan Pengawas TPS (PTPS).

"Nantinya data pengawasan di tiap TPS disandingkan dengan rekapitulasi, sehingga fungsi kontrol akan tetap berjalan," jelasnya. (*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved