Revitalisasi Lapangan Pancasila, Pemkot Salatiga Anggarkan Rp 22,3 Miliar

Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga berencana merevitalisasi Lapangan Pancasila tahun ini.

Revitalisasi Lapangan Pancasila, Pemkot Salatiga Anggarkan Rp 22,3 Miliar
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Pengendara sepeda motor melintasi kawasan Lapangan Pancasila Kota Salatiga, Rabu (30/1/2019). Tahun ini lapangan kebanggaan masyarakat Kota Salatiga bakal direvitalisasi dan telah disiapkan anggaran Rp 22 miliar. 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga berencana merevitalisasi Lapangan Pancasila tahun ini. Revitalisasi yang bakal dilakukan meliputi pengubahan konstruksi, termasuk lokasi patung di lapangan tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Salatiga Prasetiyo Ichtiarto mengatakan Pemkot Salatiga telah menyiapkan anggaran mencapai Rp 22,3 miliar melalui APBD tahun 2019.

Rencananya, dalam rancangan revitalisasi Lapangan Pancasila Kota Salatiga itu bakal ditanami berbagai jenis tanaman bunga serta fasilitas publik seperti jogging track, wahana bermain anak, hingga kursi santai desain modern.

“Revitalisasi Lapangan Pancasila dilakukan sebagai bagian upaya pemerintah menambah ruang terbuka hijau di Kota Salatiga,” terangnya kepada Tribunjateng.com, Senin (22/4/2019)

Dikatakan Prasetiyo, setiap tahun di Kota Hati Beriman ruang terbuka hijau dapat terus bertambah. Diluar itu kata dia, revitalisasi Lapangan Pancasila Salatiga juga untuk memperkuat prestasi dan upaya mempertahankan Piala Adipura yang sudah 3 tahun terakhir berturut-turut diraih.

Prasetiyo menambahkan, mengenai beberapa pedagang yang sekarang masih menempati Lapangan Pancasila untuk berjualan ketika telah resmi dimulai pembangunan nanti akan dipindahkan pada penampungan sementara.

“Prosesnya sekarang masih lelang, semoga secepatnya ada pemenang. Jadi awal Mei nanti proses pembangunan dapat segera dimulai,” katanya

Ia menyampaikan, terakhir Lapangan Pancasila dibangun sekira pada tahun 2001 sampai sekarang belum pernah dilakukan perbaikan kembali. Prasetiyo meyakini, dengan adanya revitalisasi nantinya lokasi yang ada dapat menjadi pusat ruang publik. Secara pasti kata dia, rancangan anggaran belanja sedang dilakukan proses penghitungan.

“Kalau perluasan persisnya saya lupa 11 ribu meter persegi lebih perkiraan, nanti kalau sudah balik ke Salatiga ya ini sedang tugas di Jakarta. Intinya nanti dibuat lebih kekinian, lokasi patung tetap sama hanya diperbaiki ditambah sejumlah fasilitas lain sesuai kebutuhan anak muda sekarang seperti jogging trek,” ujarnya

Pihaknya berharap apabila nanti proses revitalisasi telah selesai dilakukan masyarakat supaya turut serta menjaga kebersihan lokasi dan saluran air yang ada agar apa yang telah dibangun tidak rusak.

Halaman
123
Penulis: M Nafiul Haris
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved