Wakil Bupati Demak : Peninggian Sekolah Bukan Solusi Atasi Rob

Wakil Bupati Demak, Joko Susanto mengatakan sesuai saran dari gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, peninggian sekolah

Wakil Bupati Demak : Peninggian Sekolah Bukan Solusi Atasi Rob
Tribun Jateng/Alaqsha Gilang Imantara
Wakil Bupati Demak Joko Susanto memantau UNBK bersama dengan kepala SMPN 2 Demak, Trisyono di SMPN 2 Demak, Senin (22/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Wakil Bupati Demak, Joko Susanto mengatakan sesuai saran dari gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, peninggian sekolah maupun rumah warga bukanlah solusi untuk mengatasi permasalahan terbebas dari rob.

"Jika ditinggikan terus-menerus atau setiap tahunnya tidak akan pernah selesai. Jika sekolah ataupun tempat tinggal warga ditinggikan, maka tahun berikutnya pasti akan meninggikan lagi,"ucapnya di sela-sela monitoring UNBK di SMPN 2 Demak, Senin (22/4/2019).

Menurutnya, solusi untuk mengatasi rob yakni sekolah ataupun rumah warga yang tergenang rob harus dipindahkan. Jika mereka mau dipindahkan, pemerintah Demak akan memfasilitasi rumah susun bagi warga.

"Namun, saya rasa banyak warga yang menolak pindah karena akses dari tempat tinggal semula ke tempat relokasi cukup jauh,"jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Seksi Pembinaan SMP Disdikbud Demak, Tri Pitoyo telah memetakan lima SMP di Demak yang rawan tergenang rob diantaranya SMPN 1 Sayung, SMPN 2 Sayung, SMP Satu Atap (Satap) Sayung, SMPN 3 Wedung dan SMP Satap wedung.

"Sekolah yang terdampak rob bisa diusulkan untuk mendapatkan bantuan apbd berupa saspras misalnya untuk peninggian baik peninggian halaman, ruang kelas maupun rehap ruang kelas yg rusak oleh rob,"ucapnya.

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved