KPU Kota Semarang akan Gelar PSU di Lima TPS Pekan Ini

KPU Kota Semarang bakal menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di lima tempat pemungutan suara (TPS), Sabtu (27/4/2019) mendatang

KPU Kota Semarang akan Gelar PSU di Lima TPS Pekan Ini
Tribun Jateng/Eka Yulianti Fajline
Proses pemungutan suara di salah satu TPS di Kelurahan Kembangarum Semarang yang sempat tersendat karena adanya surat suara yang tertukar, Rabu (17/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang bakal menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di lima tempat pemungutan suara (TPS), Sabtu (27/4/2019) mendatang.

Lima TPS tersebut antara lain TPS 11 Kelurahan Bendan Ngisor Kecamatan Gajahmungkur, TPS 7 Kelurahan Kedungmundu Kecamatan Tembalang, TPS 50 Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang, TPS 38 Kelurahan Bangetayu Kulon Kecamatan Genuk, dan TPS 75 Kelurahan Sendangmulyo Kecamatan Tembalang.

Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom mengatakan, PSU dilakukan atas rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang yang telah melakukan identifikasi adanya pelanggaran prosedural yang mana pemilih luar domisili Kota Semarang tidak menggunakan formulir A5 dan hanya berbekal E-KTP saat menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi 17 April 2019 lalu.

"Jadi pemilih hanya mengunakan KTP elektronik, padahal bukan warga asli TPS tersebut, ini karena pemilih tidak tahu prosedur harus mengunakan A5 jika berpindah TPS," kata Nanda, sapaan Ketua KPU Kota Semarang, Selasa (23/4/2019).

Dari hasil identifikasi dan bukti-bukti lapangan, Nanda menjelaskan, TPS 11 Kelurahan Bendan Ngisor ada 17 pemilih domisili luar Kota Semarang tanpa formulir A5 pindah memilih mendapat surat suara Presiden dan Wakil Presiden. Kemudian, di TPS 7 ada lima pemilih domisili luar Kota Semarang tanpa formulir A5, yakni empat pemilih mendapat surat suara Presiden dan Wakil Presiden dan satu Pemilih mendapat surat suara Presiden dan Wakil Presiden serta Surat Suara DPR RI.

Adapun pelanggaran yang terjadi di TPS 50 Meteseh yakni terdapat satu pemilih yang berdomisili di luar Kecamatan Tembalang tanpa formulir A5 mendapat surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota.

Lanjut Henry, pelanggaran di TPS 38 Bangetayu Kulon dan TPS 75 Sendangmulyo ada satu pemilih yang berdomilisi di luar Kota Semarang tanpa Formulir A5 yang mendapat lima surat suara yakni Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota.

"Pemungutan suara ulang akan laksanakan pada Sabtu (27/4/2019), dengan mengirimkan kembali form C6 ulang, kepada para pemilih yg terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT)," ujarnya.

Pihaknya juga optimis masyarakat akan kembali datang ke TPS. Sebab, antusias warga pada 17 Arpil kemarin sangat tinggi di Kota Semarang.

Saat ini, pihaknya tengah menunggu pemgiriman logistik PSU yaitu kotak suara dan surat suara dari KPU RI.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved