Ratusan Warga Berebut Gunungan Grebek Pasar Karangjati

Ratusan warga memadati pelataran parkir Pasar Karangjati, Bergas, Kabupaten Semarang pada Selasa (23/4/2019) siang.

Ratusan Warga Berebut Gunungan Grebek Pasar Karangjati
Tribun Jateng/Amanda Rizqyana
Ratusan warga memadati pelataran parkir Pasar Karangjati, Bergas, Kabupaten Semarang pada Selasa (23/4/2019) siang untuk berpartisipasi dalam Grebeg Pasar Karangjati. 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN -- Ratusan warga memadati pelataran parkir Pasar Karangjati, Bergas, Kabupaten Semarang pada Selasa (23/4/2019) siang.

Mereka berkerumun di sekeliling dua buah gunungan dan keranjang yang berisikan telur, sayuran, buah-buahan, pakaian, perabot rumah tangga.

Selain warga yang datang, sejumlah panitia Grebeg Pasar Karangjati nampak mengenakan pakaian adat. Para wanita mengenakan kebaya dan jarik serta sepatu hak tinggi, sedangkan para pria mengenakan satu set sorjan.

Mereka menyambut warga yang akan memperebutkan gunungan hasil bumi sekaligus menyaksikan hiburan rakyat.

Sebelum warga menyerbu gunungan, Gatot Suwignyo, Kepala Pasar Karangjati memberikan sambutan dan ucapan terima kasih pada warga yang telah hadir meramaikan kegiatan tahunan jelang Bulan Ramadan atau bulan puasa.

Ia juga menyampaikan terima kasih pada para pedagang yang menyumbangkan dagangan maupun tenaga dan waktunya untuk menyukseskan acara ini.

"Terima kasih pada segenap pihak yang mendukung acara ini, termasuk TNI dan Polri yang mengamankan acara sehingga kegiatan ini dapat berlangsung kembali," ujarnya.

Gatot menyatakan, Grebeg Pasar Karangjati merupakan cara pihaknya menyambut Ramadan sekaligus menunjukkan eksistensi kepada masyarakat, bahwa pasar rakyat masih ada dan selalu siap melayani

Di bawah terik matahari, warga yang sudah tak sabar mulai merangsek petugas yang menjaga gunungan. Seusai rombongan drumblek mempertunjukkan kebolehannya,

Gatot mempersilakan warga merebut segala yang ada di dua gunungan tersebut.

Seorang pengunjung, Eva (18) yang berhasil mendapatkan sebutir telur dan buah naga mengatakan ia beruntung bisa mendapatkan gunungan tersebut.

"Semoga berkah, lancar, dan dagangan selalu laris. Amin," ujarnya.

Di lain pihak, Kepala Bidang Pasar Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskumperindag) Kabupaten Semarang mengatakan Tradisi Grebeg Pasar Karangjati telah menjadi agenda tahunan.

Selain di Pasar Karangjati, sebelumnya juga telah dilakukan grebeg pasar di Pasar Bandarjo Ungaran, Sumowono, Babadan, Projo Ambarawa.

Maka pihaknya akan terus berupaya agar eksistensi pasar tetap ada. (*)

Penulis: amanda rizqyana
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved