Momen Hari Kartini, PIKKA Pusat Salurkan Bantuan ke Panti Asuhan Cacat Ganda Semarang

Persatuan Istri Karyawan dan Karyawati Kereta Api (PIKKA) Pusat kembali melaksanakan kegiatan sosial di sejumlah daerah.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: galih permadi
TRIBUN JATENG/SAIFUL MA'SUM
Simbolis penyerahan bantuan berupa kursi roda oleh PIKKA kepada PACG Bhakti Asih, Rabu (24/4/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Persatuan Istri Karyawan dan Karyawati Kereta Api (PIKKA) Pusat kembali melaksanakan kegiatan sosial di sejumlah daerah.

Kali ini, kegiatan tahunan para perempuan istri karyawan pt KAI tersebut dilaksanakan di Panti Asuhan Cacad Ganda Bhakti Asih Jalan Dokter Ismangil No.18, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang.

Beberapa bantuan seperti 3 buah kursi roda, obat-obatan, sembako, uang tunai, serta beberapa perlengkapan kebutuhan diserah terimakan di tempat.

Ketua Umum PIKKA, Adriyani Sukmoro mengatakan, kegiatan soasial tersebut merupakan sebuah program tahunan yang biasa dilaksanakan di beberapa daerah.

Seperti halnya, pihak PIKKA melaksanakan kegiatan sosial dengan membantu masyarakat yang membutuhkan di Bantul dan Surabaya pada beberapa tahun terakhir.

"Memang kita sosial khusus eksternal difokuskan ke anak-anak berkebutuhan khusus dan swadaya masyarakat membutuhkan. Nah tahun ini bertepatan momen Kartini kami adakan di Semarang," jelas Adriyani, Rabu (24/4/2019).

Kepada awak media, Adriyani sempat berkaca-kaca tatkala menyampaikan rasa empatinya usai meninjau lokasi di mana ke-34 anak berkebutuhan khusus berkumpul.

Menurutnya, terlahir dengan segala kebutuhan khusus tidaklah mudah.

"Dan mereka harus kuat. Terutama para pengasuh yang memang bekerja dengan hati. Yang bisa kami lakukan menyemangatinya dan memberikan sedikit apa yang kita punya terlebih apa yang dibutuhkan di sini," ujarnya.

"Dari yang saya dengar, dari 34 anak hanya 2 anak yang bisa disekolahkan di sekolah luar biasa di Yogayakarta dan 2 anak lagi di Semarang. Selebihnya tidak bisa," sambungnya.

Sebelumnya, kegiatan soasial tersebut dibuka dengan prosesi ceremonial penyerahan bantuan di halaman depan panti asuhan pukul 09.15 WIB.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi para anak berkebutuhan khusus. Para perempuan PIKKA tak henti-hentinya memberikan semangat serta menghiburnya dengan canda tawa.

Tampak juga seorang pendongeng bernama Cahyono Budi Darmawan dengan bonekanya menghibur para anak berkebutuhan khusus dengan bernyanyi bersama.

Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama para perempuan PIKKA dengan para anak-anak berkebutuhan khusus dan juga seluruh jajaran di panti asuhan.

"Saya sangat apresiasi dengan panti asuhan ini baik sosial maupun ekonomi. Semoga kunjungan ini dapat memberikan manfaat dan semangat semua yang ada di sini. Karena ini tidak mudah dibutuhkan kesabaran pedulian ketrampilan dan pengetahuan," pungkas Adriyani.

Direktur Operasional Yayasan Sosial Soegijapranata Br Konradus Samsari CSA dan juga Pimpinan PA Bhakti Asih Sr Kristiana Triyani melalui sambutannya berurutan menyampaikan rasa terimakasihnya kepada PIKKA atas segala segala bantuan yang diberikan.

"Semoga apa yang diberikan kepada kami bermanfaat bagi yayasan dan juga mendatangkan kebaikan untuk PIKKA," ujar Konradus. (Sam)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved