Pinjaman Fintech Mengalir Kian Deras

Bisnis financial technology (fintech) semakin berkembang. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat per 5 April 2019

Pinjaman Fintech Mengalir Kian Deras
shutterstock.com
Fintech 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Bisnis financial technology (fintech) semakin berkembang. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat per 5 April 2019 jumlah pemain fintech bertambah hingga 106 entitas yang telah terdaftar dan diawasi.

Jumlah pemain yang kian bertambah tak menyurutkan penyaluran pembiayaan dari para fintech yang sudah lebih dulu malang melintang. PT Investree Radhika Jaya misalnya yang terus memacu penyaluran pinjaman.

Co-Founder & CEO Investree, Adrian Gunadi menyebut, telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp 1,96 triliun hingga akhir Maret 2019.

"Pinjaman terfasilitasi hingga akhir Maret tumbuh sebesar 192 persen dibandingkan dengan kuartal I/2018. Total peminjam aktif sebanyak 1.053 peminjam (borrower)," ujarnya, kemarin.

Ia menyebut, hingga kuartal pertama 2019 terdapat 32.000 aplikasi pinjaman yang diterima. Jumlah itu lebih banyak dari total peminjam.

Adrian menuturkan, hal itu terjadi karena 70 persen dari peminjam kembali mengajukan pinjaman tambahan atau top up.

Menurut dia, pinjaman itu berasal dari 13.660 lender hingga akhir Maret 2019. Adrian menyebut, sebanyak 20 persen lender merupakan perusahaan atau institusi.

"Beberapa institusi yang menjadi lender di Investree adalah BRI, Indosurya, Credit Saison melalui anak perusahaanya yang ada di Indonesia. Tahun ini, Investree menargetkan 50 persen lender berasal dari institusi," paparnya.

Adrian mengaku, gagal bayar atau default peminjam Investree hingga kuartal I/2019 sebesar 0

persen. Hal itu lantaran Investree membidik pinjaman produktif.

Pemain lain, Modalku, tahun ini telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp 2 triliun. "(Penyaluran-Red) Pada 2019 dari Januari sampai hari ini," kata Co-Founder dan CEO Modalku, Reynold Wijaya.

Menurut dia, NPL Modalku hingga saat ini berada di angka 0,83 persen. Angka itu merupakan total keseluruhan pinjaman yang telah disalurkan melalui platform Modalku. (Kontan/Maizal Walfajri/Ahmad Ghifari)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved