Polri Kerahkan Brimob ke Jakarta Antisipasi Gangguan Keamanan Seusai Pemilu

Kabar mengenai pengerahan pasukan Brimob dari daerah ke Jakarta, dikonfirmasi pihak yang berwenang.

Polri Kerahkan Brimob ke Jakarta Antisipasi Gangguan Keamanan Seusai Pemilu
daniel ari purnomo
Sejumlah personel Sat Brimob Polda Jateng menghadiri apel gelar pasukan jelang kampanye terbuka Pemilu 2019 di lapangan parkir Stadion Manahan, Kota Surakarta, Rabu (20/3/2019) pagi. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Kabar mengenai pengerahan pasukan Brimob dari daerah ke Jakarta, dikonfirmasi pihak yang berwenang.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengaku telah menanyakan ke pihak Mako Brimob terkait pengerahan ratusan personel Brimob ke Jakarta. Namun dirinya mengakui tidak mendapatkan informasi secara spesifik mengenai jumlah anggota Brimob yang dikerahkan.

"Saya sudah menanyakan ke Kabag Ops Brimob, Kabag Ops Brimob tidak pernah menyampaikan tentang jumlah-jumlah, baik dari asal maupun jumlah Brimob yg dikirim ke sini," tutur Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (23/4).

Meski begitu, Dedi membenarkan bahwa pengerahan anggota Brimob ke Jakarta ini untuk pengamanan tahapan Pemilu.

Dedi menjelaskan, Jakarta merupakan pusat dan tempat akhir penyelenggaraan Pemilu. Pihak keamanan bakal disiagakan untuk pengamanan penetapan hasil Pemilu 2019.

"Benar untuk Brimob Nusantara dikirim ke Jakarta dalam rangka untuk mengamankan kepada tahapan-tahapan pemilu. Karena kita ketahui bahwa seluruh tahapan pemilu muara akhirnya ada di Jakarta," ujar Dedi.

"Yang perlu diantisipasi dalam waktu dekat adalah penetapan hasil penghitungan, itu yang paling penting. Tentunya kita juga mengamankan berbagai macam kegiatan masyarakat juga," tambah Dedi.

Dedi mengatakan terkait jumlah personel dan teknis pengamanan, pihaknya telah melakukan analisa dan pertimbangan. "Ini sudah by pertimbangan dan analisa intelijen secara komprehensif," tutur Dedi.

Sementara itu Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat membenarkan bahwa lebih dari 200 personel Brimob Polda Maluku akan segera dikerahkan ke Jakarta. "Benar, benar ada lebih dari 200 personel Polda Maluku yang akan dikirim ke Jakarta. Rencananya besok akan terbang," kata Roem.

Dia menjelaskan, dua SSK pasukan Brimob Polda Maluku yang akan membantu mengamankan situasi keamanan ibu kota negara itu saat ini telah bersiap untuk dikirim. Mereka berjaga di ibu kota negara hingga penetapan hasil pemilu oleh KPU RI. "Jadi mereka sifatnya mengamankan, memantau. Intinya penebalan pasukan di Jakarta," terangnya.

Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved