16 PPK di Temanggung Serahkan Hasil Rekapitulasi Suara ke KPU Kabupaten, Proses Berjalan Lebih Cepat

Sebagian besar panitia pem‎ilihan kecamatan (PPK) di Temanggung telah menyelesaikan rekapitulasi suara pemilihan umum (Pemilu) 2019.

16 PPK di Temanggung Serahkan Hasil Rekapitulasi Suara ke KPU Kabupaten, Proses Berjalan Lebih Cepat
TRIBUN JATENG/YAYAN ISRO ROZIKI
Pekerja mengangkut kotak dan logistik bekas pemungutan suara ke gudang KPU Temanggung. 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Sebagian besar panitia pem‎ilihan kecamatan (PPK) di Temanggung telah menyelesaikan rekapitulasi suara pemilihan umum (Pemilu) 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Ketua KPU Temanggung, M. Yusuf Hasyim, mengatakan 16 PPK dari 20 kecamatan yang ada di Kota Tembakau telah menyerahkan hasil rekapitulasi dan kotak suara.

"Sudah 16 PPK yang menyelesaikan dan menyerahkan hasil rekapitulasi suara, tinggal empat kecamatan yang belum," kata Yusuf, Kamis (25/4/2019).

Disampaikan, proses penghitungan hasil rekapitulasi suara oleh PPK telah dimulai sejak 19 April kemarin.

Dimulai dari Kecamatan Kaloran dan Kecamatan Jumo, serta disusul oleh beberapa PPK lainnya.

Sementara, menurut dia, dua di antara empat PPK yang belum menyelesaikan dan menyerahkan hasil rekapitulasi adalah Kecamatan Parakan dan Temanggung.

Diakui, jumlah pemilih dan tempat pemungutan suara (TPS) terbesar ada di dua kecamatan tersebut, sehingga memerlukan waktu lebih untuk menyelesaikan hasil rekapitulasi dibanding wilayah lainnya.

"Hasil rekapitulasi diserahkan ke KPU beserta 13 suara, berisi hasil rekapitulasi. Sementara, kotak-kotak suara dan lainnya disimpan digudang KPU‎," tuturnya.

‎Disinggung mengenai target penyelesaian hasil rekapitulasi suara secara keseluruhan yang mencakup 20 kecamatan, menurut Yusuf, semuanya ditargetkan rampung pada 30 April mendatang.

Sementara, bila semua PPK sudah menyelesaikan sebelum tanggal tersebut, dimungkinkan rekapitulasi di tingkat kabupaten akan diajukan.

"Bila di tingkat PPK selesai lebih cepat, rencana ‎rekapitulasi di Kabupaten pada tanggal 2-4 Mei akan kita ajukan," ujarnya.

Ditambahkan, pihaknya telah melakukan pengecekan semua formulir dan berkas lain yang harus diserahkan PPK ke KPU ‎dalam penyerahan hasil rekapitulasi suara.

"Semuanya sudah benar dan genap," imbuhnya.

Dituturkan lebih lanjut, penyelesaian rekapitulasi hasil suara di tingkat kabupaten maksimal harus selesai pada 7 Mei.

Sementara, di tingkat KPU Provinsi pada 12 Mei, dan di tingkat nasional rampung pada 22 Mei. (yan)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved