Bawaslu Jateng: Puluhan TPS di Jawa Tengah Harus Lakukan Penghitungan Ulang Surat Suara

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah memprediksi jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang harus dilakukan penghitungan suara ulang.

Bawaslu Jateng: Puluhan TPS di Jawa Tengah Harus Lakukan Penghitungan Ulang Surat Suara
TRIBUN JATENG/EKA YULIANTI FAJLIN
Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jawa Tengah, Anik Sholihatun memberikan pemaparan dalam Workshop Peliputan Pemilihan Legislatif dan Presiden tahun 2019 di Aston Inn Pandanaran, Kamis (25/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah memprediksi jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang harus dilakukan penghitungan suara ulang akan semakin bertambah.

Data Bawaslu Jateng, hingga hari ketujuh penghitungan suara di tingkat kecamatan, terdapat 285 TPS se-Jawa Tengah yang sudah diberikan rekomendasi untuk melakukan penghitungan ulang.

Sebanyak 35 di antaranya telah diselesaikan di TPS.

Sisanya, yakni 225 TPS dilakukan penghitungan ulang di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Dari jumlah tersebut, penghitungan suara ulang paling banyak terjadi di Kabupaten Purworejo, yakni sejumlah 55 tempat.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jawa Tengah, Anik Sholihatun mengatakan, jumlah tersebut sangat dimungkinkan bertambah sebab saat ini proses rekapitulasi di tingkat PPK masih berlangsung hingga 8 Mei 2019 mendatang.

"Ini hari ketujuh, proses masih berlangsung jadi sangat mungkin bertambah," tutur Anik usai Workshop Peliputan Pemilihan Legislatif dan Presiden tahun 2019 di Aston Inn Pandanaran, Kamis (25/4/2019).

Anik melanjutkan, hal yang paling banyak menyebabkan penghitungan suara harus diulang yaitu adanya data yang berbeda antara data di dalam kotak dan data yang dimiliki oleh saksi Bawaslu.

Pada dasarnya jika terdapat perbedaan data, petugas harus membuka C plano.

"Begitu C plano dibuka ternyata C plano juga berbeda. Jadi, hitung ulang menjadi pilihan terakhir jika C plano tidak lagi mampu menjadi data kontrol," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved