Di Tangan Anak-anak Pramuka Banjarnegara, Smartphone Bisa Jadi Alat Pembuat Film

HP pintar (smartphone) umumnya hanya dimanfaatkan untuk keperluan komunikasi, maupun internetan.

Di Tangan Anak-anak Pramuka Banjarnegara, Smartphone Bisa Jadi Alat Pembuat Film
TRIBUN JATENG/KHOIRUL MUZAKI
Caption siswa SMP N 1 Bawang, belajar bikin film menggunakan smartphone 

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - HP pintar (smartphone) umumnya hanya dimanfaatkan untuk keperluan komunikasi, maupun internetan.

Di tangan siswa SMP N 1 Bawang, samrtphone dimanfaatkan lebih dari itu.

Berbekal gadget, mereka berhasil membuat film sederhana memanfaatkan aplikasi yang ada di dalamnya.

Ini dipraktekkan 50 peserta didik dari Dewan Penggalang Gugusdepan 05-201 dan 05-202 di Pangkalan SMP Negeri 1 Bawang Banjarnegara.

Mereka memanfaatkan fasilitas kamera HP sebagai modal berkreasi dalam pembuatan Short Film (film pendek) yang berdurasi antara 3-5 menit, (24/4).

Tjatur Budijantoro selaku pembina Pramuka dan ekstra sinematografi mengatakan, kegiatan pembuatan film ini untuk mengisi waktu libur para siswa yang kelasnya saat ini sedang digunakan untuk pelaksanaan UNBK (ujian nasional berbasis komputer) Kelas IX.

"Tentunya juga untuk memberikan ruang dalam mengekspresikan bakat dan minat para peserta didik apabila ada yang akan terjun di dunia entertainment," kata Tjatur, saat ditemui di lokasi syuting bersama peserta didiknya.

Pemanfaatan video HP ini disebutnya untuk memaksimalkan fasilitas HP untuk mengekpresikan bakat para siswa yang tertarik di dunia hiburan.

Sebagai dasar cerita, guru meminta para peserta didik untuk mengangkat tema Dasa Darma yang merupakan asas dan pijakan berperilaku bagi segenap anggota Gerakan Pramuka.

Tema itu diambil karena memuat sepuluh nilai-nilai sikap terpuji atau mulia yang dipedomani oleh seluruh anggota Pramuka dalam berperilaku di kehidupan sehari-hari.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved