Dimanakah Server Pengolahan Data KPU? Masih Misteri, Mahfud MD : Bohong, Bukan di Singapura

Komisi Pemilihan Umum(KPU) kerap dituding memanipulasi data pada penyelenggaraan Pemilu 2019. Sempat, tudingan tersebut menyasar lokasi server mereka.

Dimanakah Server Pengolahan Data KPU? Masih Misteri, Mahfud MD : Bohong, Bukan di Singapura
ISTIMEWA
Mahfud MD meninjau langsung proses input data hasil penghitungan suara atau formulir C1 Plano ke dalam Situng di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum(KPU) kerap dituding memanipulasi data pada penyelenggaraan Pemilu 2019. Sempat, tudingan tersebut menyasar lokasi server mereka.

Publik sempat dibuat bingung dengan isu bahwa server KPU yang menampung seluruh hasil rekapitulasi suara Pemilu ada di negeri Kota Singa, Singapura.

Meski isu ini sudah dibantah oleh Komisioner KPU RI Hasyim Asy'ari dengan menjelaskan bahwa server KPU seluruhnya ada di dalam negeri, tapi sejumlah pihak masih kebingungan dimana letak pasti ruangan penampungan data Pemilu itu sebenarnya.

Mahfud MD Tinjau Proses Input Data Formulir C1 Real Count di KPU, Temukan Kekeliruan Terkait Ini

UPDATE : Polisi Akan Tetapkan Tersangka Baru Kasus Mutilasi Guru Honorer, Ini Peran Orang Tersebut

UPDATE: Dosen Wanita PTS Kediri 3 Kali Racuni Anggota DPRD Sragen, Dimasukkan ke Kapsul Obat Diare

Penjelasan mantan Mahkamah Konstitusi Mahfud MD membawa pencerahan.

Usai bertemu dengan para Komisioner KPU RI di ruangan lantai 2, Sore (24/4), Mahfud menceritakan pengalaman melihat langsung, server KPU berada di Gedung KPU.

Meski tidak menyebut dimana lokasi pastinya, Mahfud secara tegas menjelaskan keyakinannya itu.

"Kami tadi semua melihat sendiri bahwa server untuk pengolahan data dan entri data itu semuanya ada di sini. Bohong itu kalau bilang ada di Singapura," kata Mahfud di KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2019) petang.

Menurut pengalamannya itu, ia juga menampik isu yang menyebut KPU dalam mempekerjakan pengurusan servernya diserahkan ke orang-orang asing.

Dia tidak melihat satupun petugas IT KPU yang berparas "bule", melainkan seluruhnya hanya diisi warga negara Indonesia.

"Orangnya, orang Indonesia semua ndak ada orang bulenya, ndak ada orang asingnya, tadi saya melihat sendiri yang mengerjakan di situ," jelas dia.

Kabag Humas KPU RI Robby menjelaskan bagi mereka yang mau masuk ke ruang server KPU ini, yang bersangkutan harus terlebih dulu mendapatkan izin dari Komisioner KPU RI.

Dengan kata lain, tak sembarang orang boleh masuk ke ruangan tersebut.

Ketika ditanya, dirinya juga enggan mengungkap dimana lokasi pasti ruangan ini. Ia hanya menekankan bahwa ruangan yang berisi server KPU ada di kantor KPU RI.

"Yang jelas lokasi di kantor KPU. Tanpa seizin Komisioner KPU, tidak diperkenankan masuk ke ruang server," ucapnya kepada Tribunnews.com.(*)

Hadiri Syukuran Prabowo-Sandi di TMII, Amien Rais Kenakan Jaket Bomber ala Jokowi

Beredar Foto Satpol PP Banjarnegara Bentangkan Ucapan Selamat ke Prabowo, Ini Kejadian Sebenarnya

BPN Rahasiakan Lokasi Real Count Prabowo-Sandi, Fadli Zon: Kami Tempatkan di Lokasi Aman

 

Editor: galih permadi
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved