Dinas Perdagangan Kota Semarang Lakukan Operasi Pasar, Kirim Bawang Putih ke Pasar Tradisional

Dinas Perdagangan Kota Semarang kembali mengadakan operasi pasar lanjutan dengan mengirim bawang putih ke seluruh pasar tradisional.

Dinas Perdagangan Kota Semarang Lakukan Operasi Pasar, Kirim Bawang Putih ke Pasar Tradisional
ISTIMEWA
Pedagang mengambil stok bawang putih dari operasi pasar yang dilakukan Dinas Perdagangan Kota Semarang di Pasar Johar, Kamis (25/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Setelah menggelontorkan 20 ton bawang putih ke lima pasar tradisional di Kota Semarang sejak Senin (22/4/2019) hingga Rabu (24/4/2019), Dinas Perdagangan Kota Semarang kembali mengadakan operasi pasar lanjutan dengan mengirim bawang putih ke seluruh pasar tradisional di Kota Semarang mulai Kamis (25/4/2019).

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, upaya ini dilakukan untuk menekan harga bawang putih agar dapat normal kembali sebelum memasuki bulan ramadan.

"Saya sudah ketemu importir, sudah menyiapkan 150 ton. Kami akan melakukan operasi pasar setiap hari hingga 4 Mei mendatang," tutur Fajar, Kamis (25/4/2019).

Dikatakannya, pada operasi pasar lanjutan ini, Dinas Perdagangan mendapatkan stok bawang putih jenis sinchu atau honam dari Kementrian Perdagangan.

Adapun harga bawang putih sinchu ini relatif lebih murah dibanding bawang kating yang telah didistribusikan pada operasi pasar sebelumnya.

Fajar memberikan harga Rp 20 ribu per kilogram (kg) kepada pedagang dan diharapkan pedagang bisa menjualnya maksimal Rp 30 ribu.

Setiap pasar tradisional akan mendapatkan sebanyak 4 ton bawang jenis ini.

"Kami akan distribusikan 4 ton ke setiap pasar tradisional di Kota Semarang," ucapnya.

Dia melanjutkan, guna mempercepat distribusi bawang putih ke 48 pasar tradisional di Kota Semarang, Dinas Perdagangan menyiapkan penampungan bawang putih sementara di tiga titik antara lain Pasar Johar Blok F, Basement Pasar Bulu, dan Pasar Pedurungan lantai dua dan tiga.

Pada Kamis (25/4/2019) ini, Dinas Perdagangan telah melakukan pengiriman ke Pasar Johar, Pasar Ngaliyan, Pasar Jrakah, dan Pasar Simongan.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved