Silabus Kartini Mengajar, Cara Bank Indonesia Ikut Andil Berantas Kemiskinan

Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah meluncurkan Silabus Program Kartini Mengajar untuk ikut memberantas kemiskinan.

Silabus Kartini Mengajar, Cara Bank Indonesia Ikut Andil Berantas Kemiskinan
TRIBUN JATENG/RIFQI GOZALI
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Soekowardojo (kiri) menyerahkam Silabus Program Kartini Mengajar kepada Ketua Tim Penggerak PKK Jaetng, Siti Atikoh Ganjar (tengah) di Pendopo Museum Kartini Rembang, Kamis (25/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, REMBANG - Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah meluncurkan Silabus Program Kartini Mengajar.

Peluncuran bersamaan dengan puncak peringatan Hari Kartini yang digelar di Pendopo Museum Kartini Kabupaten Rembang, Kamis (25/4/2019).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Soekowardojo mengatakan, program ini merupakan lanjutan dari program sebelumnya yang sudah pihaknya canangkan.

Jika sebelumnya pihaknya mengaktifkan kembali ruang belajar milik Kartini, kali ini pihaknya fokus pada pemberdayaan perempuan dengan diluncurkannya Silabus Mengajar Kartini.

"Harapannya kita ingin meningkatkan pemberdayaan wanita. Yang ikut berkontribusi dalam ekonomi bukan hanya bapak-bapak, tapi juga ibu-ibu," kata Soekowardojo.

Selanjutnnya, kata dia, dalam Silabus Kartini Mengajar berisi materi yang dibutuhkan kaum wanita untuk meningkatkan ekonomi.

Dalam Silabus, katanya, termaktub bermacam materi peningkatan ekonomi. Mulai dari bidang pertanian, pelayan, kemudian kerajinan tangan.

"Kemudian bagaimana mengelola keuangan. Perempuan kan bendahara rumah tangga. Ke depan mungkin ada PKK yang membutuhkan pemberdayaan wanita nanti kami akan menyiapkan materinya yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal atau perempuam di daerah tertentu shingga mereka bisa mendapat manfaat," lanjutnya.

Memang, lanjutnya, pihaknya sengaja memilih Kabupaten Rembang dalam peluncuran silabus.

Sebab, program ini erat kaitannya dengan pemberdayaan ekonomi perempuan.

Halaman
12
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved