Sambut Ramadan 1440 H, Prodi Ilmu Falak UIN Walisongo Semarang Adakan Gerakan Kalibrasi Jam Masjid

Mahasiswa Prodi Ilmu Falak UIN Walisongo, baik S1, S2 dan S3 lakukan kalibrasi jam masjid-masjid di Kota Semarang.

Sambut Ramadan 1440 H, Prodi Ilmu Falak UIN Walisongo Semarang Adakan Gerakan Kalibrasi Jam Masjid
TRIBUN JATENG/SAIFUL MA'SUM
Mahasiswa Prodi Ilmu Falak UIN Walisongo S1, S2 dan S3 sedang melakukan kalibrasi jam (pencocokan jam) di Masjid Jami’ Darusy Syukur kecamatan Ngaliyan, Sabtu (27/4/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mahasiswa Prodi Ilmu Falak UIN Walisongo, baik S1, S2 dan S3 lakukan kalibrasi jam masjid-masjid di Kota Semarang.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Kaprodi S2 Ilmu Falak, Dr. H. Ahmad Izzuddin, M.Ag. dengan nama Gerakan Kalibrasi Jam Masjid se-Kota Semarang dalam rangka menyambut datangnya Ramadan 1440 H.

Kendati sudah ada jadwal imsakiyah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Walisongo, namun kalibrasi jam sangatlah diperlukan. Jadwal imsakiyah yang ditempel di masjid-masjid atau di musala-musala akan berfungsi sesuai dengan jam yang tertera.

Disampaikan Ahmad Izzuddin, program kali pertama tersebut sangatlah penting mengingat ketepatan waktu salat dan buka.

"Selisih satu menit saja akan sangat riskan, apalagi selisih mencapai 3 menit lebih yang jelas menurut hisab waktu salat, selisih 3 menit lebih cepat itu belum masuk waktu. Maka, akan fatal akibatnya bagi keabsahan ibadah puasa kita, jika kita berbuka sebelum masuk waktunya," terang Izzuddin, Sabtu (27/4/2019) usai kegiatan.

Gerakan kalibrasi jam masjid se-Kota Semarang ini merupakan follow up dari kegiatan lokakarya imsakiyah yang diadakan di Auditorium 1 Kampus 1 UIN Walisongo, pada 10 April 2019 lalu.

Pada kegiatan kalibrasi jam masjid ini, mahasiswa ilmu falak yang ikut bergabung sejumlah 60-an orang dibagi menjadi 9 kelompok dengan 2 mahasiswa S2 sebagai koordinator tiap kelompok.

Kegiatan yang dj dimulai dengan kalibrasi di Masjid Jami’ Darusy Syukur kecamatan Ngaliyan dengan diikuti mahasiswa s1, s2, dan s3 ilmu falak, kaprodi s2 ilmu falak, disaksikan oleh takmir masjid Darusy Syukur.

Izzuddin menambahkan, kegiatannya dimulai dengan kalibrasi salah satu jam di masjid Darusy Syukur, Ngaliyan.

Berikutnya kalibrasi dilakukan oleh mahasiswa yang bertugas sebagaimana yang dicontohkan olehnya.

Halaman
12
Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved