BPBD Banjarnegara Target Pembangunan Pasar Darurat Mandiraja Selesai Awal Mei

Puasa tinggal menghitung hari, namun pasar relokasi untuk para korban kebakaran Pasar Mandiraja belum juga ditempati

BPBD Banjarnegara Target Pembangunan Pasar Darurat Mandiraja Selesai Awal Mei
khoirul muzaki
warga melihat puing-puing kebakaran Pasar Mandiraja Banjarnegara 

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Puasa tinggal menghitung hari, namun pasar relokasi untuk para korban kebakaran Pasar Mandiraja belum juga ditempati.

Meski belum jadi, Solihin, satu di antara korban kebakaran pasar Mandiraja menandai calon lapaknya agar tak didahului pedagang lain.

Bulan puasa adalah momentum paling ditunggu setiap pedagang. Saat itu, pasar lebih ramai dari biasanya karena bannyak warga yang ingin membeli berbagai kebutuhan lebaran.

Ini tentu menjadi berkah bagi pedagang seperti Solihin yang khusus berjualan pakaian. Tetapi untuk bulan puasa tahun ini sepertinya sulit bagi para pedagang untuk mencapai omset seperti tahun sebelumnya.

Bagaimana tidak, hingga beberapa hari menjelang puasa, lapak darurat belum juga bisa ditempati karena pembangunan belum sepenuhnya selesai.

Pedagang maupun pelanggan pun harus beradaptasi dengan lingkungan pasar baru yang fasilitasnya amat minim. Syukur jika masih ada barang dagangan yang bisa dijual.

Padahal kebanyakan pedagang telah kehilangan kios dan dagangannya karena musibah kebakaran. Tak jarang mereka kesulitan memulai usahanya kembali karena kehabisan atau terbatas modal.

Terlebih fasilitas yang diberikan pemerintah untuk para korban kebakaran ini minim. Setiap pedagang hanya menerima jatah lapak seukuran 2x2 meter. Lapak sempit itu juga tak dilengkapi dengan pintu atau dinding penyekat.

Artinya, pedagang harus mengusahakan sendiri kelengkapan bangunan itu sehingga layak ditempati. Mereka tentu harus merogoh ongkos lebih untuk itu yang juga memakan waktu.

"Sudah tahu pasar daruratnya di sini, pelanggan pasti tahu pindahnya,"katanya

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved