Jawa Tengah Akan Terbitkan Obligasi Senilai Rp 2 triliun, Tapi Gubernur Ganjar Masih Ragu 3 Hal Ini

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah digadang-gadang bakal jadi daerah pertama di Indonesia yang akan menerbitkan obligasi daerah.

Jawa Tengah Akan Terbitkan Obligasi Senilai Rp 2 triliun, Tapi Gubernur Ganjar Masih Ragu 3 Hal Ini
ISTIMEWA
Gubernur Ganjar Pranowo memberikan arahan pada acara Forum Group Dicussion terkait Obligasi Daerah di Ballroom PO Hotel. Senin (29/4) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah digadang-gadang bakal jadi daerah pertama di Indonesia yang akan menerbitkan obligasi daerah.

Sejumlah program strategis kemaslahatan pun sudah disiapkan, dari pembangunan rumah sakit hingga sport center.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pihaknya saat ini masih mendalami pilihan program, regulasi, termasuk kemungkinan-kemungkinan penilaian sektor maupun sub-sektor yang ada.

Untuk infrastruktur, Pemprov Jateng telah melakukan pendataan sampai total pembiayaan.

"Total rencana obligasi yang akan kami terbitkan nilainya mencapai Rp 2 triliun. Yang diperlukan untuk pembangunan RSUD Unggulan Pelayanan Kanker, RSUD Unggulan Pelayanan Ibu dan Anak, pengembangan Pelayanan Kanker di RS Kelet sampai sport center," kata Ganjar, Senin (29/4) dalam Focus Discussion Grup di Hotel PO, Semarang.

Jawa Tengah memang termasuk dalam daerah yang berpotensi menerbitkan obligasi, terlebih provinsi yang dipimpin Ganjar tersebut memperoleh penilaian A atau Baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Dalam FGD tersebut hadir Pengawas Eksekutif Pasar Modal, Hoesen, Ketua OJK Jateng - DIY Aman Santosa, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi dan Sukirman.

"Kita lagi menyiapkan izin prinsip baru masuk Perda. Saat ini Pemprov sudah memasukkan ke DPRD. Harapannya ini masuk agenda prioritas, kalau dalam masa sidang berikutnya bisa masuk harapannya bisa langsung diproses. Mudah-mudahan akhir tahun bisa selesai. Kalau temen-temen komitmen politiknya sama ya ini bisa jadi prioritas karena ini tidak bisa mundur," katanya.

Namun demikian, ada beberapa hal yang membuat Ganjar ragu terhadap penerbitan obligasi itu.

Halaman
123
Penulis: faisal affan
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved