Polres Demak Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Lalu Lintas Candi 2019, Ini Tujuh Sasarannya

Polres Demak menggelar Apel Gelar pasukan Ops Keselamatan Lalu Lintas Candi 2019 Dalam Rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas

Polres Demak Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Lalu Lintas Candi 2019, Ini Tujuh Sasarannya
TRIBUN JATENG/ALAQSHA GILANG IMANTARA
Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar memasang pita pada anggota polres Demak di Lapangan Mapolres Demak, Senin (29/4/2019). (Tribunjateng/Alaqsha Gilang Imantara). 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Polres Demak menggelar Apel Gelar pasukan Ops Keselamatan Lalu Lintas Candi 2019 Dalam Rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas Pasca Pemungutan Suara Pileg dan Pilpres 2019 serta Kesiapan Menjelang Idul Fitri 1440 H/2019 di Lapangan Mapolres Demak, Senin (29/4/2019).

Apel Gelar Pasukan diikuti jajaran TNI, Satpol PP, Dishub, jajaran Polres dan Polsek.

Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar mengatakan Ops Keselamatan Lalu Lintas Tahun 2019 digelar dalam rangka cipta kondisi menjelang bulan suci romadhon 1440 hijriah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya.

"Tujuh sasaran yang menjadi fokus pelanggaran Safety Road Festival yaitu menggunakan helm SNI, menggunakan selt belt (sabuk pengaman), kurangi kecepatan kendaraan, jangan berkendara saat mabuk, jangan biarkan anak dibawah umur berkendara sepeda motor, jangan menggunakan handphone saat berkendara, dan dilarang melawan arus,"ungkapnya.

Untuk menekan angka kecelakaan, Polres Demak mengadakan Apel Gelar pasukan Ops Keselamatan Lalu Lintas Candi 2019 Dalam Rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas Pasca Pemungutan Suara untuk menciptakan dan memelihara kamseltibcarlantas melalui Undang-Undang Nomor 22 tahun 2019 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

"Aturan tersebut bertujuan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas, meningkatkan kualitas keselamatan dan membangun budaya tertib berlalu Lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik,"imbuhnya.

Menurutnya, beberapa poin diatas merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar.

"Jajaran Korlantas Polri diharapkan mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi baik secara taktis dan teknis maupun strategis agar dapat merubah mindset masyarakat menjadi sadar dan taat dengan sendirinya terhadap peraturan lalu lintas,"imbuhnya.

Dikatakan Arief, jumlah kecelakaan lalu lintas tahun 2017 sejumlah 5.556 kejadian dan pada tahun 2018 sejumlah 4096 kejadian atau ada penurunan 26 persen. Korban meninggal dunia tahun 2017 sejumlah 1605 orang dan pada tahun 2018 jumlah 1134 orang atau penurunan 29 persen.

Setelah apel gelar pasukan, Polres Demak mencanangkan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi yang ditujukan untuk seluruh jajaran Polres Demak. (agi)

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved