Tim Robot USM Raih Juara Pertama

Tim robotik fakuktas Fakultas Teknik Universitas Semarang (USM) berhasil memboyong tiga piala pada Kontes Robot Indonesia Regonal Tiga tersebut.

Tim Robot USM Raih Juara Pertama
IST
Tim Robot USM. 

TRIBUNJATENG.COM - Tim robotik fakuktas Fakultas Teknik Universitas Semarang (USM ) dengan nama Useros berhasil meraih tempat pertama setelah mengalahkan juara bertahan sebelumnya dari UNY Yogyakarta pada Kontes Robot Indonesia Regional tiga, pada kategori Sepak Bola Indonesia Beroda di Kampus Unsoed Purwokerto baru baru ini.

Tak hanya meraih satu juara, tim robotik fakuktas Fakultas Teknik Universitas Semarang (USM) berhasil memboyong tiga piala pada Kontes Robot Indonesia Regonal Tiga tersebut.

Awal mulanya Useros berhasil unggul dari Ideasoccer (Politeknik Negeri Cilacap) dan TrunsMaladi (Universitas Sebelas Maret) pada group A, kemudian Useros lolos delapan besar dan bertemu dengan R2C Warrior dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, berakhir dengan skor 2-0 dimenangkan oleh Useros.

Pada semifinal Useros bertemu dengan Fire-X dari Universitas Ahmad Dahlan dan berhasil menang dengan skor 3-0. Sedangkan pada Final Useros bertemu dengan juara bertahan Mobo-Evo dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), pertandingan final berlangsung sengit, Useros mencetak 2 gol babak pertama, namun pada babak kedua Useros harus kehilangan 1 robot, yaitu Ros karena error setelah tersangkut dengan salah satu robot lawan.

Namun Useros dapat mempertahankan skor 2-0 sampai pertandingan selesai dan Useros keluar sebagai juara 1 yang berhasil mengalahkan juara bertahan dari UNY.

Sementara pada Kontes Robot Pemadam Api Indonesia USM yang tampil dengan dengan nama Injoh_Bot, pada saat pertandingan sesi pertama, tim robotik dari USM dapat memadamkan api dengan peringkat ke 4 perolehan point 5,83. Dan pada sesi kedua mendapatkan peringkat 3 dengan point total 10,75.

Dengan hasil tersebut, tim robotik USM berhasil untuk mengikuti pertandingan sesi ke tiga dan berhasil mendapatkan peringkat 2 dengan perolehan point total 14,42 dan mendapatkan predikat strategi.

Adapun Kontes Robot Seni Tari Indonesia tim Universitas Semarang dengan nama Jan’nah yang beranggotakan berhasil meraih posisi juara harapan.

Rektor USM Andy Kridasusila menyampaikan kegembiraannya serta berbangga atas prestasi yang diraih oleh tim robotik USM, “Kami bangga dan berterima kasih pada tim robotik USM yang telah berhasil menorehkan prestasi yang luar biasa dengan meraih tiga piala pada kontes robot Indonesia regional tiga yang digelar di Unsoed Purwokerto” ungkap Andy, “Atas prestasi ini, tim robotik USM telah berperan aktif untuk mengharumkan almamater USM dan kami berharap pada event tingkat nasional nantinya USM bisa meraih juara,” demikian pesannya.

Senada dengan Rektor Universitas Semarang, Dekan Fakultas Teknik USM, Purwanto berharap apa yang sudah dicapai oleh mahasiswanya tersebut dapat menjadi teladan bagi mahasiswa yang lain, "Semoga bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak Fakultas Teknik USM yang lain dalam dapat menciptakan suatu karya yang baik," terang dia. (Adv)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved