Persiapan Angkutan Lebaran 2019, Polres Pekalongan: Tiga Unsur Unsur Penting Keselamatan Diperiksa

Ramp check kendaraan ini dalam rangka persiapan penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2019 untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Persiapan Angkutan Lebaran 2019, Polres Pekalongan: Tiga Unsur Unsur Penting Keselamatan Diperiksa
TRIBUN JATENG/INDRA DWI PURNOMO
Tim gabungan Satlantas Polres Pekalongan, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan mengecek kelayakan bus pariwisata Ababil di garasi bus tersebut, Selasa (30/4/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Tim gabungan Satlantas Polres Pekalongan, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan mengecek kesehatan sopir termasuk kelayakan armada bus yang dikemudikan mereka, Selasa (30/4/2019).

Kegiatan itu dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang melibatkan angkutan umum.

"Kegiatan ramp check kendaraan ini dalam rangka persiapan penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2019," kata Kanit Dikyasa Polres Pekalongan Iptu Quratul Aini kepada Tribunjateng.com, Selasa (30/4/2019).

Menurut Aini, kegiatan dilakukan di dua tempat yaitu di PO Ababil Wonopringgo dan PO 44 Trans Kedungwuni.

Tidak hanya itu, selama kegiatan dilaksanakan, para sopir dan awak bus pariwisata diberikan arahan dan pesan-pesan kamseltibcarlantas agar selalu mengutamakan keselamatan di Jalan.

"3 unsur penting dalam pemeriksaan yaitu administrasi, teknis, dan penunjang. Administrasi yang dimaksud seperti SIM, STNK, buku KIR, kartu pengawasan dan surat ijin trayek yang masih berlaku," ujarnya.

Lalu,lanjutnya, teknis berupa pemeriksaan kondisi kelayakan kendaraan rem, klakson, lampu, hingga ban.

"Sedang penunjang yaitu pengukur kecepatan atau spidometer, sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan wiper, kaca spion serta klakson,” ungkap Kanit Dikyasa Iptu Quratul Aini.

Iptu Aini mengungkapkan, selain cek kendaraaan juga melakukan pemeriksaan kesehatan seperti tensi, darah, dan urine kepada awak angkutan.

Ditegaskan, apabila ditemukan pelanggaran administrasi dan teknis, akan diberikan sanksi berupa tindakan tilang dan dilarang beroperasi.

"Jika ditemukan pelanggaran pada unsur penunjang, akan diberikan catatan untuk segera melengkapi dan memenuhi persyaratan yang kurang," ujarnya.

Pihaknya menambahkan, bus yang diperiksa dalam ramp check di kedua tempat tersebut ada 10 armada.

"Ke depannya dalam rangka Operasi Ketupat Candi pasti kami akan melaksanakan kembali,"pungkasnya. (Indra Dwi Purnomo)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved