Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI Dorong Petani Dirikan Koperasi

Kementerian Pertanian (Kementan) bekerjasama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berencana mengembangkan pertanian organik dengan luas lahan

Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI Dorong Petani Dirikan Koperasi
TRIBUN JATENG/M NAFIUL HARIS
Dirjen Hortikultura Kementan RI Suwandi (tengah) saat meninjau lokasi lahan pertanian organik budidaya bayam hijau di Dukuh Kaliduren, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Rabu (1/5/2019). TRIBUN JATENG.COM/M NAFIUL HARIS 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Kementerian Pertanian (Kementan) bekerjasama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berencana mengembangkan pertanian organik dengan luas lahan mencapai 120 hektar di Dukuh Kaliduren, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementan Suwandi saat meninjau lokasi lahan pertanian organik budidaya bayam hijau mengatakan pada daerah tersebut telah dikembangkan 32 jenis sayuran dan sudah mampu ekspor.

"Negara tujuan ekspor diantaranya Singapura.

Sedang jumlah petani organik sekarang total 59 orang.

Lalu menuju organik berkisar 250-300 petani," terangnya kepada Tribunjateng.com, di lokasi Rabu (1/5/2019)

Menurut Suwandi dari hasil pertanian organik khususnya sayuran itu petani setempat rata-rata memperoleh penghasilan sebesar Rp 2 juta perbulan dengan lahan kurang dari seribu meter persegi.

Dikatakannya, kedepan PBNU bersama pemerintah akan mengembangkan kearah pengelolaan yang baik melalui pendirian koperasi dan pengolahan.

"Langkah strategis lainnnya, kami sedang mendorong para petani yang masih tergabung dalam gabungan kelompok tani (Gapoktan) supaya merubah ke koperasi atau badan usaha milik petani (BUMP)," katanya

Ia menambahkan, apabila ingin naik kelas lagi disarankan membuat korporasi atau mengelola koperasi mendekati korporasi sehingga jangkauannya lebih luas.

Dia berharap produk pertanian supaya dapat terus ditingkatkan karena pangsa pasar luar negeri sangat terbuka.

Halaman
12
Penulis: M Nafiul Haris
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved