Hasil Temuan Coklat Mermaid di Pasar Podosugih Tidak Disita, Ini Alasan Dindagkop Kota Pekalongan

Walaupun menemukan 60 coklat mermaid di Pasar Podosugih, Dindagkop UMKM belum bisa menarik produk tersebut karena masih menunggu hasil uji lab BPOM.

Hasil Temuan Coklat Mermaid di Pasar Podosugih Tidak Disita, Ini Alasan Dindagkop Kota Pekalongan
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Sampel coklat mermaid yang dibawa ke RS Budi Rahayu Kota Pekalongan, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Sembari menunggu hasil uji laboratorium terkait coklat mermaid yang memakan korban jiwa, Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM (Dindagkop UMKM) Kota Pekalongan mendatangi beberapa pasar di wilayah tugasnya.

Hal tersebut dilakukan sekaligus untuk menyosialisasikan terhadap pedagang terkait peredaran produk yang tidak memiliki izin dari BPOM.

Data yang dihimpun Tribunjateng.com, Dindagkop UMKM Kota Pekalongan hingga saat ini telah mendatangi Pasar Podosugih dan Pasar Banyuurip.

Walaupun menemukan 60 coklat mermaid di Pasar Podosugih, Dindagkop UMKM belum bisa menarik produk tersebut.

Itu dikarenakan masih menunggu kepastian hasil laboratorium yang dilakukan BPOM Kota Semarang.

Kepala Dindagkop UMKM Kota Pekalongan, Zainul Hakim menjelaskan, tim khusus pengawasan produk yang beredar di pasar sudah dibentuk.

"Dan tim kami telah menyisir sejumlah pasar. Termasuk Pasar Podosugih sejak Selasa (30/4/2019). Selain mengawasi produk yang dijual pedagang, tim juga sosialisasi kepada masyarakat terkait produk-produk makanan yang belum terverifikasi BPOM," katanya, Rabu (1/5/2019).

Tim pengawasan produk tersebut, dijelaskan Zainul akan terus melakukan pengecekan ke pasar yang ada di Kota Pekalongan.

"Apalagi jelang Ramadan dimana marak pedagang yang menjual produk yang sudah kadaluarsa. Jadi kami terus melakukan pantauan. Jika menemukan pasti kami lakukan tindakan, baik imbauan terlebih dahulu maupun penyitaan," tambahnya. (Budi Susanto)

Penulis: budi susanto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved