Bendungan Gondang Diresmikan Presiden Jokowi, Bakal Mengairi Lahan di Sragen dan Karanganyar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Gondang yang terletak di Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Kamis (2/5/2019).

Bendungan Gondang Diresmikan Presiden Jokowi, Bakal Mengairi Lahan di Sragen dan Karanganyar
ISTIMEWA
Presiden RI, Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Gondang, di Kecamatan Kerjo Karanganyar, Kamis (2/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Gondang yang terletak di Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Kamis (2/5/2019).

Dalam peresmian itu Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Turut hadir pula Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen serta Bupati-Wakil Bupati Karanganyar, Juliyatmono-Rober Christanto, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati beserta Jajaran Forkopimda Karanganyar.

Sebagaimana diketahui, Bendungan Gondang pengerjannnya berada di lahan sekitar 96, 23 hektare, dan pengerjaannya dimulai pada akhir 2014 lalu.

Bendungan Gondang ini dibangun di atas wilayah 3 desa di dua kecamatan, yakni Desa Gempolan dan Desa Ganten Kecamatan Kerjo dan Desa Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso.

Peresmian Bendungan Gondang ditandai dengan membunyikan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi.

"Pembangunan bendungan ini sudah selesai, tinggal ditutup salurannya. Harapannya pada September (volume air) bisa penuh. Adanya bendungan ini, akan mengairi sawah seluas 4.680 hektare," kata Presiden Jokowi sesusai meninjau bendungan, Kamis (2/5/2019).

Bendungan Gondang ini akan mengairi wilayah Kabupaten Sragen dan beberapa wilayah di Kabupaten Karanganyar. DIharapkan, dapat meningkatkan produktivitas pertanian.

"Yang biasanya panen satu kali, bisa panen dua kali. Yang biasanya dua kali bisa tiga kali panen," katanya.

Presiden menyebutkan, secara nasional jumlah waduk atau bendungan di Indonesia ada 231 bendungan. Dalam lima tahun ini, ditambah sejumlah 49 bendungan.

"Kalau tambahan 49  waduk atau bendungan itu selesai, baru mencukupi 20 persen dari kebutuhan air yang ada," jelasnya.

Jokowi berharap, dengan adanya bendungan ini, selain untuk mengairi sawah, juga dapat digunakan untuk pembangkit listrik, air baku dan tempat wisata.

Bupati Karanganyar Juliyatmono menucapkan rasa terima kasihnya kepada Presiden Jokowi yang hadir kembali untuk meresmikan Bendungan Gondang di Kabupaten Karanganyar.

"Pada 2014 lalu, Bapak Jokowi juga yang melakukan ground breaking, diiringi rintik hujan gerimis tanda subur, lancar dan sukses. Alhamdulillah hari ini kembali hadir meresmikan Waduk Gondang yang hampir selesai, tinggal digenangi air," katanya.

"Setelah volume di Bendungan Gondang ini penuh, selanjutnya kita akan ground breaking Waduk Jelantah yang ada di Desa Tlobo Kecamatan Jatiyoso," lanjutnya.(*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved