29 Perlintasan Kereta Api di Kendal Tidak Berpalang Pintu, Dishub Upayakan Rekrut Tenaga Jaga

Deputi Eksekutif Vice Presiden PT KAI Daop IV Semarang, Daniel Johannes Hutabarat mengatakan, di wilayahnya terdata ada 433 perlintasan sebidang.

29 Perlintasan Kereta Api di Kendal Tidak Berpalang Pintu, Dishub Upayakan Rekrut Tenaga Jaga
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Petugas PT KAI Daop IV Semarang mengatur lalu lintas di perlintasan tanpa palang pintu dekat Stasiun Weleri pada saat Gerakan Nasional Selamat di Perlintasan Kereta Api, Jumat (3/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Ratusan perlintasan sebidang tanpa palang pintu di wilayah operasi PT KAI Daop IV Semarang ditutup.

Penutupan itu dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan pada perlintasan sebidang.

Deputi Eksekutif Vice Presiden PT KAI Daop IV Semarang, Daniel Johannes Hutabarat mengatakan, di wilayahnya terdata ada sekitar 433 perlintasan sebidang.

Dari total itu, baru 124 pelintasan yang mendapatkan penjagaan, 219 perlintasan sebidang tanpa penjagaan, dan 90 perlintasan sebidang yang dibangun secara liar oleh warga.

"Tahun ini ditargetkan menutup 10 perlintasan. Baru terealisasi 7. Namun total perlintasan yang ditutup sejak 2017 sudah ada 126," ujarnya dalam Gerakan Nasional Selamat di Perlintasan Kereta Api, di Stasiun Weleri, Jumat (3/5/2019).

Pihaknya pun telah memasang rambu-rambu dan peringatan pada titik-titik rawan perlintasan tanpa palang pintu dan tidak terjaga, agar kecelakaan di perlintasan bisa dikurangi.

"Kami juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menutup perlintasan kereta api tanpa palang," katanya.

Menurutnya, Gerakan Nasional Selamat di Perlintasan Kereta api dilakukan untuk edukasi dan sosialisasi terhadap warga agar tertib peraturan saat melintasi perlintasan kereta api.

Pasalnya, meski dipasang rambu-rambu masih ada orang yang nekat membuka palang pintu seperti kejadian yang viral beberapa waktu lalu.

"Secara berkala kami melakukan pengecekan terhadap fasilitas keselamatan di perlintasan. Seperti mengecek kondisi jalan pada perlintasan," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved