Jokowi-Maruf Raih 78 Persen Suara di Temanggung, Saksi Prabowo-Sandiaga Tak Ajukan Keberatan

Rekapitulasi hitung suara di Temanggung, pasangan nomor urut 01, Jokowi-Maruf unggul telak dari pesainya, Prabowo-Sandiaga.

Jokowi-Maruf Raih 78 Persen Suara di Temanggung, Saksi Prabowo-Sandiaga Tak Ajukan Keberatan
Tribun Batam
Ilustrasi Pemilu 2019 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - ‎Rekapitulasi hasil suara pemilihan umum (Pemilu) 2019 di Kabupaten Temanggung, yang dilaksanakan di Gedung Graha Bhumi Phala selesai lebih cepat dari yang dijadwalkan, Jumat (3/5/2019).

Semula, rekapitulasi dijadwalkan mulai tanggal 2 Mei hingga 4 Mei 2019.

Dari hasil reakpitulasi suara, untuk pemilihan presiden-wakil presiden, pasangan nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, unggul telak dari pesainya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Saksi Jokowi dan Saksi Prabowo Saling Berangkulan Usai Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara

Dari total 515.117 lembar suarat suara,‎ Jokowi-Ma'ruf meraih suara 412.957 (78 persen), sementara Prabowo-Sandi102.160 (19 persen), sedangkan sisanya14.742 (3 persen) merupakan suara tidak sah.

Sementara, partisipasi masyarakat Kota Tembakau dalam Pemilu 2019 ini cukup tinggi. Yakni mencapai 87,2 persen‎.

Lebih tinggi dari gelaran Pilkada sebelumnya yang berkisar di angka 85 persen.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi surat suara tingkat kabupaten mendapat pengawalan dari jajaran Polres Temanggung.

Tak hanya saat rekapitulasi, pengawalan dari TNI-Polri juga dilakukan hingga logistik/kotak hasil rekapitulasi kembali dibawa ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kasubag Humas Polres Temanggung, AKP Henny WL, mengatakan bahwa ‎Pemilu di Temanggung secara keseluruhan berjalan dengan aman, lancar, tertib dan penuh integritas sesuai aturan yang berlaku.

"Secara garis besar, pelaksanaan Pemilu di Temanggung sesuai dengan yang direncanakan, sukses tanpa ekses," kata Henny, mewakili Kapolres Temanggung, AKBP Wiyono Eko Prasetyo, dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/5/2019).

Ditambahkan Henny, pernyataan suksesnya kelancaran pelaksanaan Pemilu juga diakui oleh berbagai pihak yang terlibat di dalamnya.

Terbukti, usai rekapitulasi, semua stakeholder dan perwakilan pihak terkait membacakan pernyataan sikap: bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Temanggung berjalan dengan aman, lancar, tertib dan penuh integritas sesuai aturan yang berlaku. Sukses tanpa ekses. ‎(yan)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved