Warga RW 3 Kelurahan Karangayu Semarang Senang Ikuti Kegiatan Mahasiswa Stikes Telogorejo

Mahasiswa STIKES Telogorejo program studi Ners mengadakan kegiatan bertema kesehatan di RW 03 Kelurahan Karangayu Semarang Barat selama 6 minggu.

Warga RW 3 Kelurahan Karangayu Semarang Senang Ikuti Kegiatan Mahasiswa Stikes Telogorejo
IST
Mahasiswa Stikes Telogorejo berkunjung ke Karangayu mengadakan serangkaian kegiatan bertema kesehatan. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mahasiswa STIKES Telogorejo program studi Ners angkatan 2018 mengadakan serangkaian kegiatan dengan mengusung tema kesehatan di RW 3 Kelurahan Karangayu Semarang Barat selama 6 minggu.

Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan bagian dari tahapan akhir stase Komunitas.

“Kegiatan yang dilakukan oleh 48 mahasiswa Stikes telogorejo ini memberikan dampak positif bagi warga kami,” kata Wardoyo selaku ketua RW 03 dalam sambutan pidato pada kegiatan jalan sehat, 28 April.

Masing- masing kegiatan yang menggandeng 7 kelompok yaitu balita, anak usia sekolah, remaja, dewasa, ibu hamil, ibu menyusui, serta lansia telah dilakukan di wilayah tersebut.

Mahasiswa keperawatan profesi Ners ini melakukan pengkajian dan menemukan masalah kesehatan yang terjadi di wilayah RW 3 Karangayu.

“Pengkajian dan penemuan masalah kesehatan ini sebelumnya kami lakukan agar tidak melenceng dari kegiatan- kegiatan yang kami laksanakan” ujar salah satu mahasiswa profesi Ners, Maya Christina.

Kegiatan besar itu diantaranya adalah Aku Anak Genius (Gesit, Empati, beraNI, Unggul dan Sehat) yang ditujukan untuk anak usia sekolah, yang berisi pendidikan mengenai kebersihan dan kesehatan gigi, serta simulasi pentingnya cuci tangan. Kelompok remaja mengadakan kegiatan seminar “Anti Pelakor Gemes” (Anti perilaku merokok, narkoba, dan game terus menerus) dengan sasaran kelompok remaja RW 3.

Acara tersebut turut mengundang pembicara dari BNN (Badan Narkotika Nasional) dan perawat RSJD Dr. Amino Gondohutomo Jawa Tengah.

Kegiatan besar pada kelompok Dewasa dan Lansia dilaksanakan dalam suasana kartinian, berjudul “Kartini Bersemi (Kartini berinovasi dan sehat di masa kini)".

Para kontestan yang berasal dari perwakilan ibu-ibu tiap RT diuji melalui pertanyaan terkait penyakit dan kesehatan, seperti Hipertensi, Asam urat tinggi, dan gula darah tinggi.

Kegiatan ini dinilai baik oleh Lurah Karangayu, Tartik S.E.

“Kegiatan seperti ini baru pertama kali dilakukan di wilayah Karangayu. Jujur saya terkejut dengan pengetahuan warga saya mengenai penyakit, mereka dapat menjelaskan dengan baik dan runtut. Saya yakin dengan adanya penyuluhan kesehatan ini, kesadaran warga kami tambah meningkat,” jelasnya

Kegiatan semua kelompok ditutup dengan jalan sehat bersama warga RW 03 dengan melibatkan remaja RW tersebut dalam panitia.

“Kegiatan yang kami lakukan selama 6 minggu ini semoga bermanfaat. kami harapkan para kader kesehatan dapat melanjutkan dan memajukan lagi taraf kesehatan masyarakat karangayu” Kata Aola Isnadiya, ketua kelompok komunitas RW 3.

“Setelah serangkaian kegiatan ini selesai, langkah selanjutnya akan kami kumpulkan warga, terutama kader- kader untuk evaluasi dan merencanakan tindak lanjut kegiatan kesehatan di wilayah RW 03.” lanjutnya. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved