Pemilik Kosmetik Ilegal Senilai Rp 1 Miliar dari Gudang di Magelang Akan Diperiksa Senin

Pemilik kosmetik ilegal yang diamankan petugas Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) berinisial IR akan menjalani pemeriksaan Senin (6/5/2019)

Pemilik Kosmetik Ilegal Senilai Rp 1 Miliar dari Gudang di Magelang Akan Diperiksa Senin
ISTIMEWA
Barang bukti kosmetik ilegal yang diamankan petugas BBPOM Semarang dari gudang di Jalan Tarumanegara 11 Kota Magelang 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Jamal A Nashr

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemilik kosmetik ilegal yang diamankan petugas Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) berinisial IR akan menjalani pemeriksaan Senin (6/5/2019) esok pukul 09.30.

Pemeriksaan akan dilakukan di Kantor BBPOM Semarang.

IR akan diperiksa bersama dua orang saksi. Dua orang sakti tersebut merupakan karyawan yang bekerja di gudang penyimpanan kosmetik ilegal di Jalan Tarumanegara 11 Kota Magelang.

"Besok akan kita panggil tiga orang. Satu orang pemilik berisinial IR dan dua saksi," ungkap penyidik BBPOM Semarang, Prihandriyo, Minggu (5/5/2019).

Ia mengatakan, ketiga orang yang akan diperiksa berjenis kelamin perempuan. Menurutnya, dari penangkapan dan penyelidikan IR berlaku kooperatif.

"Setelah proses pemeriksaan rampung akan dilakukan pemberkasan. Berkas tersebut selanjutnya akan dilimpahkan ke Kejaksaan," ujarnya.

Atas tindakannya, IR diancam Pasal 197 UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan dengan ancaman pidana penjara maksimal 15 tahun dan denda Rp 1,5 miliar.

Telah diberitakan sebelumnya, petugas BBPOM Semarang telah menyita kosmetik ilegal senilai Rp 1 miliar di Magelang, Selasa (30/4/2019). Dalam operasi tersebut diamankan 137 item kosmetik dan obat gemuk dokter (OGD) serta ot tie ginseng kianpi pil.

Total barang bukti yang disita berjumlah 28.299 kemasan dalam 103 karton dengan nilai ekonomi Rp 1 miliar. Barang-barang tersebut sebelumnya dijual kepada pelanggan melalui online. (jam)

Penulis: Jamal A. Nashr
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved