Saat Lebaran, Pemkot Salatiga Izinkan ASN Gunakan Mobil Dinas Untuk Mudik

Pemkot Salatiga memberikan izin kepada para pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) menggunakan mobil dinas mereka saat mudik pada cuti bersama

Saat Lebaran, Pemkot Salatiga Izinkan ASN Gunakan Mobil Dinas Untuk Mudik
dhian adi putranto
Mobil Dinas 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga memberikan izin kepada para pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) menggunakan mobil dinas mereka saat mudik pada cuti bersama Idul Fitri 1440 Hijriah mendatang.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan sejauh ini dinilai tidak ada aturan tegas dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI mengenai penggunaan mobil dinas untuk mudik.

Hanya saja kata dia, para ASN wajib mematuhi ketentuan teknis penggunaan kendaraan operasional plat merah itu.

“Kebijakan ini digulirkan guna memberikan kemudahan dan kelancaran para pejabat dalam merayakan lebaran di kampung halamannya masing-masing,” terangnya kepada Tribunjateng.com, Sabtu (4/5/2019)

Menurut Walikota, ia berpatok pada arus mudik sebelumnya karena tidak ada larangan resmi dari pemerintah pusat, karenanya ia tidak akan membatasi penggunaan mobil dinas pada saat lebaran.

Dia mengingatkan dalam penggunaan fasilitas negara itu harus selalu mentaati ketentuan penggunaan mobil dinas meski mobil tersebut dipakai bukan untuk keperluan dinas.

Yuliyanto menyatakan, meski kebijakan tersebut digulirkan secara lisan, namun setiap ASN yang menggunakan mobil dinas untuk mudik, harus bertanggungjawab atas mobil yang dibawa.

Pemkot Salatiga tidak akan memberikan subsidi biaya perawatan mobil maupun bahan bakar minyak (BBM) untuk mudik. 

“BBM dan biaya perawatan mobil yang dipakai mudik menjadi tanggungjawab yang membawanya. Dan semua kerusakan mobdin yang dibawa mudik menjadi tanggungjawab masing-masing,” jelasnya. (ris)

Penulis: M Nafiul Haris
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved