Bea Cukai Tanjung Emas

Bea Cukai Tanjung Emas Wujudkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

Acara pencanangan ini ditandai dua agenda utama, Deklarasi oleh Kepala KPPBC TMP Tanjung Emas, dilanjutkan Penandatangan Piagam Deklarasi Komitmen.

Bea Cukai Tanjung Emas Wujudkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi
IST
Bea Cukai Tanjung Emas berkomitmen mewujudkan Clean Government dan Good Governance yang bebas dari Korupsi, Kolusi dan nepotisme melalui Pencanangan dan Internalisasi Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Senin (6/5/2019) di Aula Lantai 4 KPPBC TMP Tanjung Emas. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bea Cukai Tanjung Emas berkomitmen mewujudkan Clean Government dan Good Governance yang bebas dari Korupsi, Kolusi dan nepotisme melalui Pencanangan dan Internalisasi Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Senin (6/5/2019) di Aula Lantai 4 KPPBC TMP Tanjung Emas.

Sesuai Peraturan Presiden nomor 54 tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi dimana salah satu program aksi pencegahan korupsi yaitu penguatan pelaksanaan reformasi birokrasi melalui Program Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK/WBBM pada kawasan strategis pelabuhan laut dan bandar udara, yang merupakan sub aksi dari Strategi Nasional tersebut.

Dua belas kawasan strategis pelabuhan laut dan bandar udara yang ditetapkan KPK dan Kemenpan RB sebagai lokasi dari program tersebut sekaligus satuan kerja DJBC yang membawahinya, meliputi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Belawan Medan, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Sekupang Batam, Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Kualanamu Medan, Bandara Hasanuddin Makassar, Bandara Hang Nadim Batam, dan Bandara Ngurah Rai Bali.

Penandatanganan komitmen mewujudkan Clean Government dan Good Governance yang bebas dari Korupsi, Kolusi dan nepotisme melalui Pencanangan dan Internalisasi Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Senin (06/05/2019) di Aula Lantai 4 KPPBC TMP Tanjung Emas.
Penandatanganan komitmen mewujudkan Clean Government dan Good Governance yang bebas dari Korupsi, Kolusi dan nepotisme melalui Pencanangan dan Internalisasi Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Senin (06/05/2019) di Aula Lantai 4 KPPBC TMP Tanjung Emas. (IST)

Acara pencanangan ini ditandai dua agenda utama, Deklarasi oleh Kepala KPPBC TMP Tanjung Emas, Tjertja Karja Adil dilanjutkan Penandatangan Piagam Deklarasi Komitmen Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi.

Seluruh jajaran Bea Cukai Tanjung Emas berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan dan pengawasan yang baik, bersih serta bebas dari KKN di bandara Ahmad Yani dan pelabuhan Tanjung Emas yang merupakan Kawasan Pabean di bawah pengawasan Bea Cukai Tanjung Emas dengan membangun sistem pelayanan publik yang terintegrasi dengan mengacu proses bisnis kawasan pelabuhan laut dan bandar udara.

Deklarasi bersama ini merupakan kegiatan strategis Bea Cukai Tanjung Emas sebagai bentuk komitmen terbuka dalam membangun zona integritas.

Sehingga, masyarakat dapat berkontribusi dalam memantau proses tersebut.

Acara ini akan mengundang seluruh stakeholder Bea Cukai Tanjung Emas baik di Pebuhan Tanjung Emas dan Bandar Udara Internasional Ahmad Yani, meliputi : Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta, Kepala Bidang Kepatuhan Internal Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta, Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean A Semarang, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Emas, Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang, Kepala Kepolisian Sektor KPPP Pelabuhan  Tanjung Emas, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Semarang, Komandan Pangkalan TNI-AL Semarang, Komandan Lanumad Ahmad Yani Semarang, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Semarang Pelabuhan Tanjung Emas, General Manager PT. Terminal Petikemas Semarang, General Manager PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Emas, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani, Kepala Cabang PT. Angkasa Pura Logistik, Pimpinan PT. Birotika Semesta (DHL), dan Kepala Kantor Pos MPC Semarang.

Pencanangan ini diharapkan pelayanan Bea Cukai Tanjung Emas menjadi lebih cepat, tepat, dan profesional.

Apalagi jika didukung dengan sinergi dari seluruh stakeholder tersebut, diharapkan dapat memberikan pengawasan terhadap proses Internalisasi Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

Sehingga seluruh strategi yang dijalankan dapat menghasilkan sasaran pemerintahan yang bersih, bebas KKN serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik untuk Bea Cukai Makin Baik. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved