Puluhan Pemuda Gereja di Timika Papua Jaga Masjid saat Shalat Tarawih

Puluhan pemuda gereja di Distrik Mimika Timur, Mimika, Papua, ikut membantu tugas kepolisian mengamankan pelaksanaan shalat tarawih di masjid

Puluhan Pemuda Gereja di Timika Papua Jaga Masjid saat Shalat Tarawih
KOMPAS.com/ISTIMEWA
Pjs Kapolsek Miktim Iptu J. Maryen ketika memberikan arahan kepada pemuda gereja dan karang taruna sebelum melaksanakan pengamanan masjid, Minggu (5/5/2019) 

TRIBUNJATENG.COM, TIMIKA - Puluhan pemuda gereja di Distrik Mimika Timur, Mimika, Papua, ikut membantu tugas kepolisian mengamankan pelaksanaan shalat tarawih yang dilakukan umat muslim di sejumlah masjid pada Minggu (5/5/2019) malam.

Para pemuda ini berasal dari Mudika Gereja Katolik Mapurujaya, Persekutuan Angkatan Muda GKI Solafide Mapurujaya, dan Karang Taruna Mapurujaya.

Ada sejumlah masjid yang diamankan agar umat muslim dapat melaksanakan shalat tarawih dengan tenang selama bulan suci Ramadhan 1440 H.

Di antaranya Masjid Jabal Nur di Kampung Kaugapu, Masjid Al Ma'rifat, dan Masjid Pondok Pesantren Darussalam.

Pengamanan masjid ini dikoordinasikan oleh Kanit Binmas Polsek Mimika Timur Aiptu Lalu Hiskam A.

Pejabat sementara Kapolsek Mimika Timur Iptu J Maryen mengatakan, ada 21 pemuda yang dilibatkan ikut mengamankan pelaksanaan shalat tarawih selama bulan Ramadhan ini.

"Dalam Ramadhan kali ini pengamanan masjid juga pemuda gereja dan karang taruna," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (6/5/2019).

Dia mengaku, keterlibatan pemuda gereja dan karang taruna dalam pengamanan ini sebagai bukti nyata bahwa toleransi beragama sangat tinggi.

Sebab, sebelumnya pada hari raya paskah, pemuda masjid juga ikut membantu mengamankan umat kristriani menjalankan ibadah paskah.

Kisah Kakek Penjaga Masjid yang Kasih Uang Baim Wong 4 Ribu untuk Makan di Warteg, Dihadiahi Umroh

5 Artis ini Dulunya Anggota TNI/Polri, Ada yang Pangkat Terakhir Jenderal Bintang Satu

KPU Jateng Curiga Temuan Ribuan C1 Asal Kabupaten Boyolali di Menteng Jakarta Tak Resmi

Video Pesawat Sukhoi Milik Maskapai Aeroflot Rusia Terbakar di Bandara Jadi Viral di Medsos

"Kami sangat senang dan bahagia dengan antusiasnya pemuda gereja dan karang taruna ikut serta dalam pengamanan masjid. Ini bukti nyata bahwa kita betul-betul toleransi dalam kehidupan agama," pungkas Iptu Maryen.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemuda Gereja di Distrik Miktim Papua Ikut Amankan Shalat Tarawih "

Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved