Pemkab Kudus Siapkan Rp 30 Miliar untuk THR PNS

Pemkab Kudus telah menyiapkan alokasi anggaran untuk keperluan tunjangan hari raya (THR) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Pemkab Kudus Siapkan Rp 30 Miliar untuk THR PNS
ilustrasi thr 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Pemkab Kudus telah menyiapkan alokasi anggaran untuk keperluan tunjangan hari raya (THR) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS). Adapun alokasi yang disiapkan yaitu sebesar Rp 30 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan, Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus, Eko Djumartono mengatakan, alokasi yang disiapkan untuk THR tahun ini lebih kecil dibanding tahun sebelumnya yang jumlahnya mencapai Rp 35 miliar.

“Karena dikurangi pegawai yang pensiun,” kata Eko saat ditemui di kanotrnya, Selasa (7/5/2019).

Menurut Eko, THR akan ditransfer setelah turun peraturan menteri keuangan atau peraturan pemerintah yang mengatur soal pencairan THR bagi PNS. Pasalnya, meski anggaran sudah tersedia tapi ketika belum ada arahan dari pemerintah pusat maka pihaknya belum bisa mencairkan.

“Kemungkinan nanti akhir Mei 2019 baru dicairkan. Kami masih menunggu petunjuk dari pusat,” jelasnya.

Anggaran THR yang ada, lanjutnya, yaitu sejumlah gaji pokok PNS sekaligus tunjangan yang menyertainya.

“Kaluapun nanti petunjuk dari pusat hanya mengatur THR untuk gaji pokok saja, maka masih sisa. Tapi kalau dengan tunjangannya maka kami sudah ada anggarannya,” katanya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus, Yuliono Tri Nugroho mengatakan, PNS yang ada di lingkup Pemkab Kudus jumlahnya mencapai 7.386. Jumlah itu sudah termasuk PNS yang baru saja direkrut.

“Itu termasuk 412 PNS baru yang terakhir direkrut,” jelasnya.

Sementara terkait PNS baru, katanya, apakah mendapat THR, Yuliono mengaku masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat.

“Kalau gaji, PNS baru sudah mendapat sejak Mei 2019 ini,” jelasnya. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved