Unnes Juara Umum Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Regional I Jawa Tengah Tahun 2019

Tim Universitas Negeri Semarang (Unnes) jadi juara umum Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Regional I Jawa Tengah tahun 2019.

Unnes Juara Umum Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Regional I Jawa Tengah Tahun 2019
istimewa
Tim Futsal Jateng raih emas di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2013 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Tim Universitas Negeri Semarang (Unnes) jadi juara umum Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Regional I Jawa Tengah tahun 2019.

Unnes berhasil mendapatkan 70 medali emas dengan total medali yang yang diperoleh sebanyak 153 medali.

Selain emas, Unnes meraih perak sebanyak 45 medali dan perunggu sebanyak 38 medali.

Ketua Paguyuban Pimpinan Bidang Kemahasiswaan Jawa Tengah Raharjo Apriyatmoko, SKM MKes mengatakan dominasi juara yang diraih Unnes dalam kejuaraan ini tidak lepas dari keberadaan Fakultas Keolahragaan tertua yang miliki Unnes yang mampu menunjukkan eksistensinya hingga saat ini.

“Ketentuan dalam POM semua atlet berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional bisa mengikuti ajang kompentisi dua tahunan ini, asalkan tercatat sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi (PT) di Jawa Tengah,” ujarnya seusai acara Penyerahan Penghargaan dan Penutupan POM I Regional Jawa Tengah di Aula Universitas Ngudi Waluyo (UNW) Ungaran, Selasa (7/5/2019).

Jateng Raih Peringkat Tiga Di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional

Meski demikian ada pembatasan yakni setiap PT hanya boleh mengirim dua atlet untuk setiap cabang olahraga (cabor).

Pelaksanaan POM menurutnya sudah berlangsung sejak tanggal 19 April 2019 dan final cabor terakhir dipertandingkan pada Jumat (3/5/2019) di beberapa tempat di Semarang dan sekitarnya.

POM tahun ini mempertandingkan sebanyak 20 cabor nasional dan 2 eksibisi.

Namun pertandingan yang terselenggara hanya 18 cabor karena empat cabor tidak bisa terselenggara karena jumlah peserta kurang dan kendala teknis.

“Empat cabor yang tidak bisa diselenggarakan yakni gulat, hoki, yudo, dan anggar,” tambah Raharjo.

Adapun urutan juara peringkat lima besar POM Regional I Jateng 2019, juara umum diraih Unnes, disusul Universitas Semarang (USM) meraih total jumlah medali yang diperoleh sebanyak 42 medali dengan rincian memperoleh 18 medali emas, 14 medali perak, dan 10 medali perunggu.

Posisi ketiga diraih oleh Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dengan perolehan total 59 yakni 12 medali emas, 19 medali perak, dan 28 medali perunggu.

Peringkat keempat ialah Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga meraih total 34 medali dengan rincian 11 medali emas, 9 medali perak, dan 14 medali perunggu.

Lalu posisi kelima yakni Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang meraih 25 medali dengan rincian 9 medali emas, 9 medali perak, dan 7 medali perunggu. (arh)

Penulis: amanda rizqyana
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved