Pemdes Galih Kendal Jadikan Perpustakaan Desa Jadi Pusat Kegiatan Peningkatan Kesejahteraan dan SDM

Pemerintah Desa Galih Kecamatan Gemuh akan jadikan perpustakaan desa menjadi pusat kegiatan peningkatan kesejahteraan

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dhian Adi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Pemerintah Desa Galih Kecamatan Gemuh akan jadikan perpustakaan desa menjadi pusat kegiatan peningkatan kesejahteraan dan sumberdaya manusia masyarakat Desa Galih.

Hal itu dilakukan setelah Desa Galih terpilih menjadi satu dari enam desa di Kabupaten Kendal yang mendapatkan program pembinaan Perpustakaan bebasis Inklusi Sosial.

Kepala Desa Galih, Ahmad Saikhu mengatakan bahwa perpustakaan merupakan tempat masyarakat mendapat ilmu sepanjang waktu. Oleh karena itu diharapkan masyarakat menjadikan perpustakaan untuk mencari pengetahuan terkait dengan peningkatan taraf kesejahteraan.

"Perpustkaan kami kedepan menjadi tambang pengetahuan bagi masyarakat desa, sehingga dengan pengetahuan yang luas dapat menjadikan masyarakat menerapkan ilmu tersebut agar kesejahteraan dapat meningkat," ujarnya. Rabu )8/5)

Ia mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan menyiapkan perpustakaan tersebut untuk dapat menjadi tempat kegiatan masyarakat. Para pengelola perpustakaan di desanya tengah menjalani bimbingan teknis tentang pengelolaan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

"Saat ini tengah persiapan sehingga pada bulan ini sudah dapat melaksanakan program-program perpustakaan," katanya

Saiku juga mengatakan program dari perpustakaan desanya yakni peningkatan kualitas kesehatan untuk balita serta pemberdaayaan masyaarakat untuk melek teknologi. Kegiatan ini akan dimulai pada bulan Mei tahun ini.

"Seperti memberikan pendidikan kesehatan bagi ibu-ibu yang memiliki anak balita, Pendorongan pemanfaatan internet bagi para warga desa," ungkapnya

Sementara itu, Kabid Perpustakaan Dinas Perpusatkaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kendal, Setiadi Pujiharjo mengatakan pihaknya pun terus mendorong masyarakat Kabupaten Kendal agar mendapat akses ke Perpustakaan.

"Dengan pembinaan perpustakaan desa ini menjadikan perpustkaan desa menjadi pusat pembelajaran masyarakat untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat. Dan kedepan perpustakaan desa ini menjadi virus bagi perpustakaan desa lainnya untuk menggalakan perpustkaan desa," katanya.(*)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved