Warga Desa Tunggulsari Kabupaten Kendal Protes Operasional Tambang Galian C

Ratusan Warga Desa Tunggulsari, Brangsong lakukan aksi protes terhadap beroperasinya penambangan galian C di wilayahnya pada Kamis (9/5) siang di

Warga Desa Tunggulsari Kabupaten Kendal Protes Operasional Tambang Galian C
TRIBUN JATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Desa Tunggulsari, Brangsong lakukan aksi pemrotesan terhadap beroperasinya penambangan galian C di wilayahnya pada Kamis (9/5) siang di depan Balai Desa Tunggulsari.

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Ratusan Warga Desa Tunggulsari, Brangsong lakukan aksi protes terhadap beroperasinya penambangan galian C di wilayahnya pada Kamis (9/5) siang di depan Balai Desa Tunggulsari.

Kordinator aksi tersebut Sumardi mengatakan beroperasinya galian C itu dinilai merusak lingkungan yakni mempercepat proses sedimentasi Sungai Aji sehingga jika hujan deras air meluap dan menggenangi pemukiman warga yang berada di sepanjang sungai.

"Polusi debu yang disebabkan penambangan galian C itu juga menggagu aktivitas warga dan anak-anak, terlebih lokasi itu tidak jauh dari bangunan sekolah," katanya

Menurutnya galian C tersebut juga ilegal karena izin yang digunakan berbeda dengan realisasi pekerjaan penambangan tersebut.

Secara terpisah, Kepala Desa Tunggulsari, Nur Kholis mengatakan pihak desa telah melakuken penutupan terhadap stnya pada Selasa (7/5).

”Awalnya pengembang itu melakukan izin untuk pengembangan pemukiman dan baru membuka akses jalan saja,"

Namun proses proyek itu dilanjutkan dengan proses penambangan galian C, oleh karena itu pihak desa untuk sementara menutup penambangan tersebut.

"Penutupan ini sembari ,menunggu keputusan dari Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten,” jelasnya.

Dalam aksi protes itu, sempat terjadi aksi dorong antara petugas pengamanan dengan warga yang protes.

Namun selanjutnya aksi dapat diredam dan warga kembali kerumah masing-masing setelah perwakilan warga bertemu dengan pihak Pemerintah Desa. (Dap).

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved