Muhasabah Wat Tarbiyah Menyambut Bulan Ramadan 1440 H di Ponpes Askhabul Kahfi

Dalam acara ini, Pengasuh Ponpes Askhabul Kahfi KH. Masruchan Bisri memaparkan tentang puasa di bulan Ramadan.

Muhasabah Wat Tarbiyah Menyambut Bulan Ramadan 1440 H di Ponpes Askhabul Kahfi
IST
Pengasuh Ponpes Askhabul Kahfi KH. Masruchan. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Muhasabah wat Tarbiyah menyambut bulan Romadhon 1440 H di Pondok Pesantren Askhabul Kahfi dilaksanakan di Kampus 2 Ponpes Askhabul Kahfi, yang terletak di Kelurahan Polaman Kecamatan Mijen Kota Semarang.

Dalam acara ini, Pengasuh Ponpes Askhabul Kahfi  KH. Masruchan Bisri memaparkan tentang puasa di bulan Romadhon.

Makna puasa secara lughoh ialah menahan diri dari sesuatu dan meninggalkannya.

Sedangkan makna puasa secara istilah yaitu menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, seperti makan, minum, jima` dengan menyertakan niat yang dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Puasa Romadhon di wajibkan pada bulan Sya`ban tahun 2 Hijriyah, adapun dasarnya yaitu Surat Al Baqoroh ayat 183 :” Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa”.

Ayat tersebut menjelaskan bahwa umat-umat terdahulu juga berpuasa Romadhon sebagaimana di jelaskan dalam Tafsir Qurtubi Juz 2 hal.

659: ”Sebenarnya Allah SWT telah mewajibkan kaum Nabi Musa AS dan Nabi Isa AS untuk berpuasa Romadhon, namun mereka mengubahnya”.

Di antara Ulama` mereka ada yang menambahkan 10 hari, lalu suatu ketika ada beberapa Ulama` mereka di serang penyakit, lalu mereka bernadzar , jika mereka diberi kesembuhan oleh Allah SWT, maka mereka akan menambahkan puasa mereka 10 hari lagi”.

Kemudian setelah mereka sembuh, mereka benar-benar melakukannya. Oleh karena itulah puasa orang-orang Nasrani menjadi 50 hari.

Lalu ketika musim panas menyulitkan mereka untuk berpuasa, mereka memindahkan bulan Romadhon ke musim semi.

Halaman
1234
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved