Diperkirakan Ada 7 Ekor Buaya Muara Berkeliaran di Perairan Nusakambangan, Warga Diminta Waspada

Netizen terutama warga Cilacap, Jawa Tengah, sempat digegerkan penampakan seekor buaya di perairan dekat dermaga laut Wijayapura pada Sabtu (11/5/2019

Diperkirakan Ada 7 Ekor Buaya Muara Berkeliaran di Perairan Nusakambangan, Warga Diminta Waspada
IST
Seekor buaya muara tampak berenang di sekitar Dermaga PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, sebelumnya¬† bernama PT Holcim Indonesia Tbk pada Sabtu (11/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Netizen terutama warga Cilacap, Jawa Tengah, sempat digegerkan penampakan seekor buaya di perairan dekat dermaga laut Wijayapura pada Sabtu (11/5/2019).

Mendengar kabar tersebut Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan (MMP) Kabupaten Cilacap langsung, mengimbau warga terutama nelayan agar selalu mewaspadai keberadaan buaya itu.

"Kami mengetahui kemunculan buaya muara sebenarnya sudah sejak beberapa hari lalu. Bahkan sempat mendapat kabar jika jumlah buaya diperkirakan mencapai tujuh ekor. Namun kami masih berupaya mencari kebenaran informasi tersebut," kata Ketua MMP Kabupaten Cilacap, Tarmuji kepada Tribunjateng.com, Senin (13/5/2019).

Pada Minggu (12/5/2019) sekira pukul 04.30 WIB, seorang anggota MMP Nusakambangan melihat buaya muara tersebut yang diperkuat dengan foto dan video.

Video tersebut diambil dari arah Dermaga Khusus PT Solusi Bangun Indonesia Tbk atau yang dikenal dengan dermaga PT Holcim Indonesia. Posisinya berada di dekat Dermaga Wijayapura, Cilacap.

Terlihat seekor buaya yang tampak dari kejauhan seperti sebuah kayu panjang sedang berenang di perairan antara Pulau Nusakambangan dan kota Cilacap.

"Sepertinya itu memang buaya muara. Diperkirakan berasal dari muara Sungai Citanduy, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat," ungkapnya.

"Buaya itu bisa saja berkeliaran ke Kampung Laut hingga 'jongoran' Teluk Penyu di dekat Benteng Pendem," Tambah Tarmuji yang juga merupakan Ketua Kelompok Nelayan Pandanarang, Pantai Teluk Penyu.

Atas peristiwa tersebut Tarmuji mengimbau nelayan di sekitar Bengawan Donan, Jojok, Kampung Laut, dan Sentolo Kawat, Cilacap, agar meningkatkan kewaspadaan terhadap buaya muara tersebut.

Tarmuji dan warga lainnya telah melaporkan kemunculan buaya muara tersebut ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah Wilayah Cilacap.

Halaman
123
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved