Ramadan, Pendistribusian Air Bersih Perumda Tirtayasa Kota Pekalongan Selama 22 Jam Nonstop

Kepala Bagian Teknis Perumda Tirtayasa Kota Pekalongan, Subagyo menuturkan, jam operasional selama Ramadan yakni mulai pukul 02.00 hingga pukul 24.00.

Ramadan, Pendistribusian Air Bersih Perumda Tirtayasa Kota Pekalongan Selama 22 Jam Nonstop
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Petugas pelayanan Kantor Perumda Tirtayasa Kota Pekalongan sedang melayani pelanggan, Senin (13/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Antisipasi terjadinya kelangkaan pasokan air bersih selama Ramadan, Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda) Tirtayasa Kota Pekalongan meningkatkan jam operasional.

Dimana sebelumnya hanya 21 jam, kini Perumda Tirtayasa siagakan petugas selama 22 jam setiap hari.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat Kota Pekalongan tetap bisa menggunakan air bersih selama Ramadan.

Kepala Bagian Teknis Perumda Tirtayasa Kota Pekalongan, Subagyo menuturkan, jam operasional selama Ramadan yakni mulai pukul 02.00 hingga pukul 24.00.

“Kami ingin memaksimalkan pasokan air bersih ke seluruh wilayah dengan menambahkan jam operasional, agar masyarakat bisa menikmati air bersih tanpa kendala," jelasnya, Senin (13/5/2019).

Ia mengakui ada wilayah yang debit airnya masih kecil dan untuk menanganinya perlu dilakukan penambahan pasokan air menggunakan mobil tangki.

"Seperti di Pasirsari Kecamatan Pekalongan Utara. Untuk itu kami akan pasok ke daerah tersebut menggunakan mobil tangki," paparnya.

Ia menjelaskan, ke depan SPAM Petanglong yang ada di Talun Kabupaten Pekalongon akan menambah pasokan air untuk Kota Pekalongan.

"Peraturan di Kota Pekalongan tidak memperbolehkan membuat sumur bor. Jadi untuk menambah pasokan kami mengandalkan SPAM Petanglong, dimana tampungan airnya sudah siap digunakan tinggal pemasangan pipa. Kemungkinan akan dioperasikan November 2019," ujar Subagyo.

Subagyo menambahkan, SPAM Petanglong memiliki kapasitas 150 liter perdetik untuk menambah pasokan air ke Kota Pekalongan.

"Secara teknis nantinya pipa saluran air dari SPAM Petanglong sepanjang 3,6 kilometer akan dihubungkan ke pipa lama. Setelah tersambung, kami akan fokuskan untuk memasok air bersih di daerah yang kekurangan terlebih dahulu," tambahnya. (Budi Susanto)

Penulis: budi susanto
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved