Truk Mulai Padati Jalur Pantura Kota Pekalongan, Warga Dihimbau Berhati Hati di Persimpangan Ini

Pantauan dari Area Traffic Control System (ATCS) Kota Pekalongan arus kendaraan pada Senin (13/5/2019) mulai menunjukkan peningkatan

Truk Mulai Padati Jalur Pantura Kota Pekalongan, Warga Dihimbau Berhati Hati di Persimpangan Ini
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Sejumlah kendaraan melewati perlintasan kereta di Jalan KH Mansyur Kota Pekalongan, Senin (13/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Pantauan dari Area Traffic Control System (ATCS) Kota Pekalongan arus kendaraan pada Senin (13/5/2019) mulai menunjukkan peningkatan dibanding awal Bulan Ramadan.

Adapun dalam pantauan di sejumlah persimpangan yang ada di Kota Pekalongan, kendaraan berat seperti truk mendominasi Jalur Pantura.

Fauzan Saifuddin Petugas di ATCS Kota Pekalongon saat dikonfirmasi oleh Tribunjateng.com, menjelaskan, kendaraan barang mulai memadati Jalur Pantura Kota Pekalongan.

"Hari ini truk mulai memadati Jalur Pantura dibandingkan awal Bulan Ramadan, kendaraan berat terpantau memadati Jalur Pantura dari pagi," jelasnya.

Ia menuturkan, Jalur Pantura dipadati oleh truk dari pukul 08.00 WIB hingga 09.00 WIB, dan 16.00 WIB sampai 18.00 WIB.

"Kemungkinan malam nanti sekitar pukul 20.00 WIB dan 21.00 WIB Pantura Kota Pekalongan kembali dipadati kendaraan berat," ujarnya.

Rute terpadat dijelaskan Fauzan terjadi di simpang Grogol, dan Ponolawen Kota Pekalongan.

"Kami juga mengimbau masyarakat berhati-hati karena persimpangan tersebut tempat bertemunya kendaraan dari dalam kota dan Jalur Pantura Kota Pekalongan," imbuhnya.

Terpisah Sekertaris Dinas Perhubungan (Dinhub) Kota Pekalongan, Aprilyanto Dwi Purnomo, mengatakan, jumlah truk yang melintas jelang Lebaran tahun lalu mencapai 48.420 truk.

"Kemungkinan tahun ini jumlahnya akan meningkat, karena pada 2017 jumlahnya mencapai 45.404 truk yang melintas, jadi setiap tahun ada peningkatan jumlah truk yang melintas di Kota Pekalongan," ujar Aprilyanto.

Turut dijelaskannya, beberapa lokasi yang diprediksi menjadi titik kemacetan jika Jalur Pantura Kota Pekalongan dipadati kendaraan Pemudik karena adanya perlintasan kereta.

"Satu di antaranya ada di Jalan KH Mansyur karena jalan tersebut terdapat perlintasan kereta, pasalnya perlintasan tersebut setiap harinya dilalui 78 kereta dengan perkiraan waktu melintas 22 menit sekali," terangnya.

Untuk itu, dilanjutkan Dinhub Kota Pekalongan akan mempersiapkan petugas yang nantinya akan berjaga di beberapa ruas jalan termasuk di perlintasan kereta api Jalan KH Mansyur.

"Kami siapkan 6 orang koordinator lapangan setiap harinya untuk mengawasi kelancaran arus lalu lintas, sementara untuk membantu pekerjaan para koordinator lapangan kami akan siagakan 5 posko di beberapa lokasi," tambahnya.

Penulis: budi susanto
Editor: muh radlis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved