Alternatif saat Puasa dan Lebaran, Bulog Subdrive VI Pekalongan Kenalkan Daging Kerbau, Lebih Murah

Daging alternatif yang akan dikenalkan Pemerintah untuk menyiasati tingginya kebutuhan adalah daging kerbau

Alternatif saat Puasa dan Lebaran, Bulog Subdrive VI Pekalongan Kenalkan Daging Kerbau, Lebih Murah
Tribunjateng.com/Akhtur Gumilang
Tim Satgas Pangan Polres Tegal, Bulog Subdrive VI Pekalongan, dan sejumlah dinas terkait melakukan survei harga di Pasar Trayeman, Slawi, Kabupaten Tegal, Senin (13/5/2019) kemarin. Adapun yang disurvey salah satunya adalah harga daging sapi di pasar. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Untuk menyiasati kebutuhan daging saat puasa maupun hari raya Idul Fitri, Pemerintah mengeluarkan varian atau alternatif daging di luar Sapi maupun Kambing.

Daging alternatif yang akan dikenalkan Pemerintah untuk menyiasati tingginya kebutuhan adalah daging kerbau.

Dalam hal ini, Bulog sudah menyiapkan daging kerbau dengan harga terjangkau bagi masyarkat.

Kepala Bulog Subdrive VI Pekalongan, Rasiwan menuturkan, nantinya Harga Eceran Tertinggi (HET) daging kerbau di pasaran mencapai Rp 80 ribu per Kilogram.

Sejauh ini, harga daging sapi super di pasaran mencapai Rp 120 ribu per Kilogram.

Sedangkan, harga daging kambing untuk wilayah se Eks Karesidenan Pekalongan mencapai Rp 105 ribu per Kilogram.

Menurutnya, daging kerbau dipilih pemerintah supaya menjadi alternatif pilihan masyarakat dalam menyiasati tingginya harga daging sapi maupun kambing saat ini.

"Agar masyarakat punya pilihan lain, selain daging sapi. Daging kerbau itu diimpor dari India. Saat ini masih tahap sosialisasi, khususnya untuk wilayah se eks karesidenan Pekalongan meliputi Kabupaten Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Brebes, Kota Pekalongan, dan Tegal," papar Rasiwan kepada Tribunjateng.com, Selasa (14/5/2019).

Untuk tahap sosialisasi, Rasiwan menuturkan, daging kerbau yang dipersiapkan untuk wilayah se Eks Karesidenan Pekalongan sebanyak 1.2 ton.

Selain daging, pihaknya pun tengah menyosialisasikan bakso daging kerbau.

Rencananya pada tahap sosialisasi ini, Bulog Subdrive VI Pekalongan telah menyediakan 200 Kilogram bakso daging kerbau untuk tahap pengenalan.

"Ini masih tahap pengenalan. Harapannya, masyarakat jadi punya alternatif selain daging sapi ataupun kambing saat hari raya nanti. Daging kerbau secara bertahap sudah disebar ke sejumlah pasar sekarang," jelas Rasiwan. (TRIBUN JATENG/GUM).

Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved