Bank Jateng Syariah Lakukan Sindikasi Pembiayaan Dengan PT Indah Karya (Persero)

Sebagai bagian dari motor penggerak ekonomi nasional, bank syariah berkomitmen untuk berkontribusi maksimal pada upaya pembangunan nasional.

Bank Jateng Syariah Lakukan Sindikasi Pembiayaan Dengan PT Indah Karya (Persero)
TRIBUN JATENG/DESTA LEILA KARTIKA
Penandatanganan Akad Pembiayaan Sindikasi Syariah Pabrik Plywood PT. Indah Karya (Persero) dengan Bank Jateng Syariah. Berlokasi di Room Inc Hotel, jl. Pemuda Semarang, Senin (13/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebagai bagian dari motor penggerak ekonomi nasional, bank syariah berkomitmen untuk berkontribusi maksimal pada upaya pembangunan nasional.

Bank Jateng Syariah yang diamanahi sebagai arranger untuk skema sindikasi syariah, juga turut berkomitmen untuk dapat membiayai proyek Pembangunan Pabrik Plywood (Triplek), Wood Pellet (serbuk kayu), dan Wind Turbin (kincir angin), pada PT Indah Karya (Persero).

Direktur Bisnis Ritel dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng, Hanawijaya menuturkan, Sindikasi pembiayaan syariah ini akan melibatkan tiga Bank BPD Unit Usaha Syariah (UUS) di Indonesia yang menunjukkan solidaritas hubungan antar bank BPD Syariah.

Ketiga Bank tersebut yaitu, Bank Jateng Unit Usaha Syariah, Bank Sumselbabel Unit Usaha Syariah, dan Bank Sulselbar Unit Usaha Syariah, yang masing-masing memberikan partisipan.

"Pembagian partisipan yaitu PT BPD Jawa Tengah UUS sebesar Rp 86 miliar, PT BPD Sumselbabel USS sebesar Rp 21,5 miliar.

Sedangkan PT BPD Sulselbar USS sebesar Rp 17,5 miliar, jadi total keseluruhan berjumlah Rp 125 miliar," jelas Hanawijaya, pada Tribunjateng.com, Senin (13/5/2019).

Adapun pembiayaan sindikasi tersebut, bertujuan untuk mebangun ekspansi Plywood dari hutan rakyat.

Selain itu, membantu petani-petani atau yang memiliki hutan pohon sengon, kemudian diproses menjadi Plywood dan di ekspor ke beberapa negara seperti Jepang dan Eropa.

Daerah yang dipilih yaitu Bondowoso, karena termasuk wilayah yang tingkat pendapatan perkapitanya rendah.

Maka hadirnya pabrik ini, bisa membawa impact kepada kesejahteraan masyarakat sekitar. Karena penggunaan bahan baku kayu sengon di wilayah tersebut cukup besar.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved