Bupati Jepara Pamit sebelum Ditahan. Langsung Diborgol setelah Diperiksa KPK

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebelumnya, Marzuqi sempat pamitan

Bupati Jepara Pamit sebelum Ditahan. Langsung Diborgol setelah Diperiksa KPK
(DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.com)
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan Bupati Jepara Ahmad Marzuki. Marzuki diketahui menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (13/5/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA -– Bupati Jepara Ahmad Marzuqi resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebelumnya, Marzuqi sempat pamitan kepada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Jepara.

“Terakhir di Jepara Sabtu, Minggu pagi bertolak ke Jakarta sama keluarganya, istri dan anaknya,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edi Sujatmiko saat dihubungi Tribun Jateng melalui sambungan telepon, Senin (13/5).

Saat-saat terakhir di Jepara, kata Edi, Marzuqi sempat pamit kepada sejumlah OPD. Pamitnya terkait 13 Mei 2019 dia hendak ke Jakarta guna memenuhi panggilan dari lembaga antirasuah.

“Pesannya (kepada OPD) dia akan memenuhi panggilan dari KPK. Pesan itu disampaikan kepada semua OPD. Ada juga OPD yang ketemu langsung kemudian disampaikan pesan darinya (Marzuqi),” lanjut Edi Sujatmiko.

Marzuqi memberikan pesan khusus kepada Sekda, agar menjaga Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkup Pemerintah Kabupaten Jepara supaya tetap bersatu. “Pesannya kepada saya jaga kondusifitas ASN tetap bersatu,” jelasnya.

Marzuqi ditahan oleh KPK mulai kemarin. Marzuqi keluar dari gedung KPK pada pukul 15.09 WIB mengenakan rompi oranye serta tangan terborgol. Tak banyak yang diucapkan. Dia hanya mengumbar senyum kepada awak media. “Meski ditahan, pemerintahan masih tetap berjalan. Masih ada wakil bupati,” kata Edi.

Marzuqi ditahan atas dugaan kasus suap terhadap hakim Pengadilan Negeri (PN) Semarang Lasito. Status sebagai tersangka dari KPK telah disandang oleh Marzuqi sejak Desember 2018. Namun, baru pada 13 Mei 2019 dia ditahan.

Marzuki ditahan setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (13/5). Marzuki merupakan tersangka kasus dugaan suap terkait putusan gugatan praperadilan yang diajukannya atas penetapan dirinya sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah di PN Semarang tahun 2017.

Saat keluar mengenakan rompi tahanan KPK, Marzuki hanya berharap dirinya diberikan kesabaran dalam menjalani proses hukum yang ada.

"Doakan sajalah semoga kami menerimanya dengan tabah dan sabar. Terima kasih," kata dia saat akan memasuki mobil tahanan. Marzuki berjanji mengikuti rangkaian proses hukum yang sedang berjalan saat ini.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved