Guru Besar Unnes Launching Buku Tentang Konseling

Bimbingan konseling merupakan sebuah bantuan kepada masyarakat, dengan cara memfasilitasi perkembangan individu atau kelompok individu sesuai

Guru Besar Unnes Launching Buku Tentang Konseling
IST
Prof Mangun dan Rektor Unnes Fathur Rokhman dalam launching buku tentang Konseling di kampus Unnes, Sekaran, Semarang, baru-baru ini. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bimbingan konseling merupakan sebuah bantuan kepada masyarakat, dengan cara memfasilitasi perkembangan individu atau kelompok individu sesuai kekuatan, kemampuan potensial serta peluang yang dimiliki.

Konseling membantu mengatasi masalah kelemahan dan kendala yang sedang dihadapi seseorang.

Pemikiran dan ilmu tentang konseling dituangkan oleh Guru Besar Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Mungin Eddy Wibowo.

Guru Besar Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes ini menuangkan pemikirannya terkait ilmu-ilmu konseling melalui bukunya berjudul 'Konseling Kelompok'.

Prof. Mungin menuturkan, lewat karyanya ia mengajak masyarakat memahami perkembangan konseling kelompok dewasa ini.

Menurutnya konseling kelompok merupakan upaya pemberian bantuan kepada individu yang bersifat pencegahan, pengentasan masalah dan pengarahan untuk mencari kemudahan.

"Artinya selain pencegahan, ada solusi yang ditawarkan sesuai perkembangan dan pertumbuhannya," ungkapnya, Selasa (14/5/2019).

Pemahaman terkait pentingnya masyarakat diberi pelayanan konseling menurutnya perlu terus digalakkan.

Contoh apabila seseorang tertekan karena masalah yang menimpa bertubi-tubi, dengan pemberian materi konseling yang tepat akan membuat orang itu mampu berpikir jernih dan menghadapi masalah yang menimpanya.

"Buku ini 852 halaman.

Halaman
12
Penulis: akbar hari mukti
Editor: muh radlis
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved